Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Modus Anomali : Psychological Thriller Karya Joko Anwar

35

Jakartakita.com : Kalau Anda suka film yang penuh ketegangan dan penuh misteri, ada baiknya memasukan film Joko Anwar dalam daftar film yang harus Anda tonton.

Modus Anomali, yang merupakan film keempat yang disutradarai oleh Joko. Seperti halnya Kala (2007) dan Pintu Terlarang (2009), Joko masih menempatkan thriller sebagai fondasi utama penceritaan Modus Anomali, walaupun thriller yang ia bawakan kali ini lebih dominan dengan nuansa psychological thriller jika dibandingkan dengan dua film sebelumnya. Modus Anomali yang berarti ‘kejiwaan tidak biasa’ jelas adalah sebuah peningkatan kualitas yang sangat berarti dari sisi tata produksinya. Walaupun sebenarnya jalan cerita film ini justru lebih sederhana.

Di awal scene Modus Anomali menggambarkan seorang lelaki yang terbangun di tengah hutan, keluar dari liang lahat. Tersirat ketakutan di wajahnya. Dan dia megap-megap, seperti kehabisan napas. Kemeja, kaos, serta celana jinsnya kotor dengan cokelat tanah. Dalam kepanikan, dia berlari menembus hutan.

Si lelaki adalah aktor Rio Dewanto. Tapi dalam Modus Anomali, identitas Rio tidak jelas. Dia hanya tahu namanya John, berdasarkan tanda pengenalnya. Tapi siapa perempuan dan dua anak yang tergambar pada foto dalam dompetnya, John tak bisa mengingat. Bahkan rumah yang dia temukan di tengah hutan, membawanya ke deretan teka-teki selanjutnya. Membuat dia gila.

Mereka yang telah mengenal dengan cukup baik gaya penceritaan seorang Joko Anwar sepertinya semenjak awal telah sadar bahwa mereka sedang dipermainkan oleh jalan cerita Modus Anomali, sebuah permainan yang berjalan dengan tempo minimalis yang hadir dengan beberapa adegan berdarah, beberapa kejutan dan akhirnya deretan adegan tambahan yang kemudian berfungsi sebagai kunci utama penjelasan mengenai misteri yang telah dipaparkan Joko Anwar semenjak awal kisah Modus Anomali berjalan.

Dalam Modus Anomali, sutradara Joko Anwar seperti tidak rela melihat penonton bisa dengan mudah menebak apa yang sebenarnya terjadi. Malah dia pelit memberikan porsi dialog untuk pemainnya, terutama Rio. Kalau Anda pernah menonton The Artist, seperti itulah Modus Anomali. Menekankan pada mimik, bahasa tubuh, suasana per adegan, dan kekuatan plot.
Bahasa Inggris yang menjadi bahasa penghantar dialog para karakter di film ini, juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari film ini.

Latar belakang film Modus Anomali memang sengaja dibuat tidak seperti terjadi di Indonesia. Hutan yang dijadikan tempat shooting ditumbuhi pohon cemara dan pinus. Bahkan ada tempat peristirahatan atau cottage di sana. Pemandangan yang tak lazim di hutan Indonesia.

Berbicara mengenai tata produksi, Modus Anomali berhasil menghadirkan kualitas produksi kelas atas. Gambar-gambar yang dihasilkan berada dalam kualitas high definition yang membuat tatanan sinematografi karya Gunnar Nimpuno mampu bekerja dengan begitu baik. Begitu pula dengan kualitas suara Modus Anomali yang mampu menghasilkan atmosfer teror yang sedemikian dahsyat.

Modus Anomali jelas adalah sebuah bukti nyata dari kecerdasan seorang Joko Anwar. Dengan gaya  penceritaannya yang unik, Joko mampu menyulap penampilan jalan cerita Modus Anomali terlihat menjadi begitu kompleks dan misterius.

Modus Anomali
Genre: Thriller psikologi
Sutradara: Joko Anwar
Penulis naskah: Joko Anwar
Produser: Sheila Timothy
Pemain: Rio Dewanto, Hannah Al Rashid, Marsha Timothy, Surya Saputra

(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: