Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Bernostalgia di Kedai Tjikini

30

Jakartakita.com : Sejak dahulu, kawasan Cikini Jakarta Pusat merupakan kawasan yang menyimpan berjuta cerita mengenai sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia di Jakarta. Kawasan heritage yang berdekatan yang masih berada di dalam kawasan Menteng ini memang banyak berdiri bangunan tua yang masih kokoh dan terlihat cantik bersanding dengan bangunan-bangunan modern. Banyak resto dan kafe di kawasan ini tetap mempertahankan keaslian bangunan khas tempo dulu. Hanya saja arsitektur interiornya telah diubah sesuai tema resto atau kafe.

Salah satu restoran yang berada di kawasan heritage Cikini, adalah Kedai Tjikini yang tetap mempertahankan suasana zaman kolonial Belanda. Restoran ini menyediakan aneka makanan rumahan.

Tidak hanya bangunannya yang merupakan bangunan tempo dulu. Interior ruangannya pun didesain sedemikian rupa dengan mebel bergaya kolonial Belanda, seperti; meja dan kursi kayu jati, kipas angin kuno, piano kuno, lemari kuno yang menyimpan koleksi komik jadul hingga meja kasir kuno. Restoran ini juga memiliki teras belakang, bagi Anda yang ingin menikmati makanan sambil bersantai menghirup udara segar.

Soal menu, restoran Tjikini yang letaknya sederetan dengan Kantor Pos Kali Pasir, ini memang menyediakan aneka makanan ala rumahan. Dari sup pindang iga, sayur lodeh, hingga klapertaart. Uniknya restoran ini juga menyediakan minuman yang sudah agak langka, sarsaparilla cap badak.

Sebagai makanan penutup, Anda juga bisa menjajal putri singkong. Sebuah penganan yang terbuat dari singkong rebus manis disiram saus santan. Atau Anda juga bisa mencicipi camilan gorengan tiga serangkai (tahu, tempe,pisang), ada juga samosa, roti bakar, pisang bakar, dll.

Alunan musik tempo dulu seperti Beatles, Rollingstone, dll akan menemani anda bernostalgia sambil menyantap makanan lezat. Tambahan lagi, restoran ini juga sering dijadikan tempat berbagai kegiatan seni, launching buku, reunion hingga workshop.

Nah sobat Jakarta, bagi Anda yang belum punya agenda di akhir pekan ini. Mungkin Kedai Tjikini yang beralamat di Jl. Raya Cikini No. 17 Menteng, Jakarta Pusat ini bisa dijadikan alternatif Anda menghabiskan akhir pekan bersama orang tercinta sambil bernostalgia. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: