Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Plus Minus Kartu Kredit

30

Credit Card / Gold & PlatinumJakartakita.com: Di zaman modern seperti sekarang ini, keberadaan kartu kredit menjadi sesuatu yang lazim digunakan untuk memudahkan transaksi. Asalkan Anda bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak. Biar bagaimanapun kartu kredit bukanlah ‘uang Anda’. Bank penyedia kartu kredit hanya memberikan kemudahan pembayaran dengan jangka waktu. Dan Anda tetap mempunyai kewajiban untuk membayarnya sesuai jangka waktu kalau tidak ingin mendapat sangsi.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit. Ada baiknya Anda mengetahui plus-minus dari kartu kredit di bawah ini, agar keberadaan kartu kredit tidak menjadi bencana bagi hidup Anda.

Berikut nilai plus dari penggunaan kartu kredit:

  • Kemudahan dalam bertransaksi. Anda tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah besar untuk membeli sesuatu. Kartu kredit juga  membantu Anda dalam bertransaksi di toko online.
  • Fasilitas Diskon di Merchant. Nikmati diskon hingga 50% di restoran, butik, supermarket, hypermarket, pom bensin dan maskapai penerbangan serta tempat hiburan lainnya.
  • Fasilitas Cicilan. Kalau Anda mengidamkan suatu barang seperti laptop, ponsel, atau barang elektronik lainnya, namun belum bisa membelinya secara langsung, maka Anda bisa menggunakan fasilitas cicilan kartu kredit. Dengan cara ini, barang idaman bisa didapat tanpa mengganggu cashflow Anda..
  • Fasilitas Cash Back. Untuk para shopaholic , promo yang satu ini bisa jadi menggiurkan. Cash back yang dimaksud adalah sejumlah uang yang dikembalikan pada customer sebagai kompensasi dari kondisi tertentu. Misal: kartu kredit A memberikan cash back 10 % setiap pembelanjaan minimal Rp 500.000 di merchant tertentu.
  • Fasilitas Privilage seperti; parkir khusus, fasilitas VIP,  Executive Lounge, kemudahan reservasi Hotel serta masih banyak perlakuan khusus lainnya bagi Anda pemegang kartu jenis platinum dan gold.
  • Point Reward. Penggunaan kartu kredit dengan program imbalan memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan berupa barang atau bahkan perjalanan wisata gratis dengan mengumpulkan poin pembelanjaan.
  • Dana Darurat. Tetapi perlu diingat bahwa kartu kredit hanya sebagai alat pembayaran untuk membantu kita saat kita tidak membawa uang tunai. Jadi dana tunai untuk kebutuhan dana darurat tetap harus tersedia dan kita alokasikan secara terpisah.

 

Sedangkan nilai minus dari kartu kredit :

  • Konsumtif. Sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh kartu kredit mendorong pengguna menjadi lebih konsumtif.
  • Bunga yang mencekik leher. Sebisa mungkin, bayarlah kartu kredit Anda lunas atau minimal melebihi pembayaran minimum agar tagihan Anda tak membengkak oleh bunga. Jangan abaikan tanggal jatuh tempo agar Anda tidak dikenakan bunga keterlambatan. Kartu kredit bukan mesin ATM. Usahakan jangan menggunakan kartu kredit untuk mengambil tunai, karena Anda harus membayar dengan bunga yang lebih tinggi dan biaya administrasi untuk menggunakan fasilitas yang dikeluarkan oleh setiap penerbit kartu kredit ini.

Setelah Anda mengetahui plus dan minusnya kartu kredit, sekarang Anda bisa mempertimbangkan kembali perlu atau tidak memiliki kartu kredit. Jika Anda sudah memilikinya, maka gunakan kartu kredit Anda dengan bijak agar tidak terbelit hutang.(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: