Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Anemia VS Produktivitas Kerja

63

anemia career womanJakartakita.com : Menurut data WHO, satu dari lima wanita mengalami anemia pada usia subur. Perdarahan menstruasi adalah pemicu paling umum kekurangan zat besi yang dialami wanita. Meski keluarnya darah saat menstruasi itu sifatnya alami, namun pada kenyataannya menyebabkan banyak wanita usia subur mengalami anemia atau kekurangan darah.

Apabila tidak mendapat perhatian khusus, kesehatan para pekerja wanita bisa sangat mempengaruhi produktivitas perusahaan. Berdasarkan penelitian,  hampir 50 persen pekerja wanita menderita anemia yang menyebabkan kinerjanya turun 5-10 persen. Dalam seminggu bisa kehilangan waktu bekerja rata-rata 6,5 jam karena kurang sehat.

Tentu saja kerugian tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata, mengingat jumlah pekerja wanita di Indonesia cukup besar. Dari sekitar 119 juta tenaga kerja di sektor formal maupun nonformal, sekitar 40 juta di antaranya adalah wanita. 

Ada baiknya bagi perusahaan yang mempekerjakan para wanita untuk secara rutin mengadakan cek kesehatan dan pemberian suplemen zat besi seperti Sangobion Kapsul agar perusahaan tidak lebih banyak kehilangan produktivitas yang berdampak pada kerugian. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: