Take a fresh look at your lifestyle.

Yuk Kenali, Beragam Investasi Dana Pensiun

0 679
doc: moneylifee
doc: moneylifee

Jakartakita.com : Sebelum menentukan kemana dana pensiun diinvestasikan, sebaiknya Anda mengetahui lebih dahulu berapa perkiraan dana yang dibutuhkan. Tak sedikit orang memilih produk investasi tanpa memikirkan manfaat dari tujuan tersebut.

Ada banyak produk dana pensiun yang ditawarkan lembaga keuangan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan financial planner. Selain itu, juga memberi gambaran kepada Anda bagaimana cara terbaik mengalokasikan dana yang Anda miliki baik dalam bentuk properti, investasi di pasar modal dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa pilihan investasi dana pensiun:

Asuransi dana pensiun. Pemilik asuransi diharuskan membayar premi dalam jumlah dan waktu tertentu sesuai pilihan. Selain itu dana asuransi  akan tetap diberikan jika pemiliknya meninggal dunia dengan tanpa membayar premi lagi.  Sebaliknya dana yang diambil sebelum waktunya akan dikenakan pinalti, diharuskan membayar dalam jumlah tertentu.

Related Posts
1 daripada 67

Kalau saat ini anggaran Anda hanya cukup untuk membayar satu premi saja, dahulukan asuransi jiwa. Alasannya, karena kematian bisa terjadi kapan saja, sehingga apabila itu terjadi, orang-orang tercinta yang ditinggalkan tidak terbebani berbagai biaya kematian. Terlebih, jika Anda telah berkeluarga dan memiliki anak. Dengan memiliki asuransi jiwa, selain biaya kematian terbayar, keluarga bisa memperoleh sedikit ‘warisan’ dari uang  pertanggungan asuransi yang keluar.

Asuransi dana pensiun sifatnya untuk memberikan kestabilan penghasilan dalam jumlah tertentu ketika Anda tidak bekerja lagi. Jadi, masih dapat Anda lakukan di kemudian hari, setelah anggaran Anda mencukupi dan asuransi jiwa telah Anda miliki.

Tabungan. Menyimpan dana investasi dalam bentuk tabungan di bank dengan memperoleh bunga berkisar 1 – 2% dan dipotong pajak 15% hingga 20 % tergantung dari saldo tabungan. Keuntungan dari menabung adalah tidak terikat oleh waktu, Anda bisa menarik dana kapan saja.
Deposito. Hampir sama dengan menabung, deposito adalah menyimpan uang di bank, tapi bunganya lebih besar yaitu sekitar 6% per tahun. Hanya saja bank mensyaratkan jumlah minimal untuk bisa membuka deposito.  Anda tak bisa mengambil uang kapan saja seperti tabungan. Uang yang didepositokan tak bisa ditarik untuk jangka waktu tertentu, 1 bulan, 3 bulan atau 1 tahun.
Properti. Membeli tanah atau rumah. Namun kerugiannya, menjual properti butuh waktu, sulit terjual dalam waktu 2 hari.

Reksadana. Investasi yang uangnya dikelola oleh sebuah perusahaan manajemen investasi. Reksadana ada beberapa jenis, jadi dapat digunakan secara berkala sesuai dengan jangka waktu jenjangpensiun tiap anak. Reksadana dapat digunakan untuk melawan inflasipensiun yang tinggi. Reksadana juga dapat dibeli kapan saja dan dicairkan kapan saja sesuai ketentuan yang berlaku di prospektus. Reksadana ini produk yang teregulasi dengan sangat baik oleh Bapepam-LK sehingga para pihak yang terlibat dapat mempertanggungjawabkan tindakannya.

Setiap jenis investasi memiliki keuntungan dan  resiko masing-masing. Semakin besar keuntungan biasanya memiliki resiko yang lebih besar. Nah, jadi jenis investasi apa yang akan Anda pilih untuk dana pensiun? Rencanakan dari sekarang, selagi masih ada waktu!

(Risma)

Tinggalkan komen