Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Waspadai Spam via WhatsApp dengan Iming-Iming Voucher Gratis

122
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Belakangan ini di layanan pesan singkatt WhatsApp  marak beredar modus penipuan dengan berkedok pemberian voucher gratis. Caranya dengan menyebarkan link secara berantai yang menyebarkan link tentang kesempatan mendapatkan voucher sebesar 500 ribu rupiah dari brand seperti Pizza Hut, Starbuck, Ikea, iPhone, Mc Donalds, hingga KFC. Lucunya, penipuan dengan iming-iming voucher gratis ini juga menyebar hingga ke luar negeri.

Link tersebut menggunakan situs swirfl.com. Link tersebut akan membawa Anda pada questioner dan hanya bisa dibuka melalui mobile phone. salah satu tahap setelah mengisi questioner yang disediakan ialah harus menyebarkan informasi ini ke 10 nomer pengguna Whatsapp.

Tindakan scam kali ini cukup lengkap, selain memberikan ajakan spam kepada 10 orang, kamu juga akan diarahkan untuk memberikan data. Nah, pada tahap inilah kamu masuk ke area phishing, di mana dengan sukarela memberikan informasi pribadi seperti nama dan alamat email.

Tidak lupa dicantumkan juga bahwa voucher tersisa hanya 14 lembar supaya korbannya makin semangat melakukan sharing. Selain itu, pada bagian bawah layar pemintaan sharing juga ditampilkan kesaksian palsu seperti toko online abal-abal yang sempat marak di Indonesia, di mana kesaksian yang diberikan bahwa dia baru menerima voucher dan berterimakasih kepada Starbucks.

Jika korbannya memutuskan untuk melakukan sharing, maka ia akan mengirimkan pesan ke sepuluh kontak Whatsappnya atau group Whatsapp. Jika tidak mengklik tombol share, ia tidak akan bisa melanjutkan dan diinfomasikan bahwa ia harus melakukan sharing.

Jika korban menjalani semua proses tersebut, pengguna akan dibawa ke sebuah situs iklan. Menurut pengetesan Vaksincom, korban akan diteruskan ke vendor pengirim iklan yang akan menampilkan iklan sesuai dengan lokasi korbannya.

Dalam pengetesan yang dilakukan oleh Vaksincom, iklan yang ditampilkan adalah iklan untuk menginstal aplikasi terkenal yang ada di Play Store, seperti peramban, toko online, dan situs mencari jodoh.

Jadi sebenarnya iming-iming voucher gratis di whatsApp itu hoax dan masuk kategori scam. Tujuannya hanya ingin menggiring pengguna whatsApp untuk melihat iklan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: