Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Mulai 2016, Ahok Bakal Gratiskan PBB Bangunan di Bawah 1 M

71
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan Pemprov DKI mulai tahun depan akan menghapus Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) apabila tagihannya di bawah Rp1 miliar. Ia menjelaskan, kebijakan ini dilakukan agar Pemprov DKI dapat memberi keadilan bagi seluruh warga yang hidup dengan ekonomi kelas menengah ke bawah.

“PBB kita sudah siapkan itu, tinggal pergub. Jadi, kita pikir ini ekonomi begitu susah. Kita bantu orang yang betul-betul tapi adil. Tugas kami mengadministrasi keadilan sosial. Jadi, siapa pun orang yang tinggal di rusun atau rumahnya berharga Rp1 miliar ke bawah tidak perlu bayar PBB, nol!” ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Selasa (8/9/2015).

Kebijakan ini, kata Ahok, akan diterapkan pada 2016. Pemprov DKI pun mengimbau seluruh warga yang hidup dengan ekonomi kelas menengah ke bawah harus segera memiliki rekening Bank DKI. Hal itu dilakukan agar warga dapat terdata oleh Pemprov DKI.

“Tahun depan nol enggak usah bayar (PBB) lagi sama sekali. Kalau kamu tinggal di rusun pemda dan punya kartu Bank DKI, maka Anda bebas (gratis) naik bus,” papar Ahok di kantor Dinas Pelayanan Pajak Daerah (Dispenda) DKI, Jl Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa (8/9/2015).

“Yang tinggal di rumah lebih dari Rp 1 miliar dan kaya, silakan bayar PBB tapi orang yang tinggal di rusun, rusunawa, rusunami dan rumah (pribadi) di bawah Rp 1 miliar tahun depan nggak perlu membayar PBB 1 sen pun,” kata Ahok lagi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: