Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Waduh, Jakarta Ternyata Kekurangan Ribuan Guru

148

guru - ilustrasiJakartakita.com – Jakarta ternyata kekurangan banyak guru. Dari jumlah kebutuhan guru yang mencapai 49.000 orang, Jakarta hanya memiliki 46.190 orang guru saja. Kebutuhan paling banyak adalah guru sekolah dasar. Selain itu, guru mata pelajaran matematika, agama Islam, kesenian, dan olahraga juga sangat dibutuhkan.

Menurut Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Dinas Pendidikan DKI Jakarta Posma Marbun, krisis guru yang terjadi di DKI Jakarta karena  banyaknya guru yang pensiun sering kali tak sebanding dengan jumlah guru yang tersedia. Setiap tahun paling tidak 1.000 orang guru pensiun, namun jumlah guru pengganti bahkan tidak sampai setengahnya.

Posma juga menyampaikan kekhawatirannya kalau krisis guru ini akan semakin parah dalam dua hingga tiga tahun ke depan, kalau tidak segera diatasi. Pasalnya, menurut data Disdik DKI, tahun ini saja ada 78 persen guru yang sudah berusia lebih dari 51 tahun. Itu berarti dalam dua tahun ke depan setidaknya ada 40 persen guru yang pensiun.

Tahun ini Disdik DKI Jakarta baru mengangkat 557 CPNS, sebanyak 207 di antaranya adalah para guru honorer K2. Secara bertahap Disdik DKI Jakarta juga akan menarik sebanyak 5.421 guru bantu yang terdaftar ada di lingkungan DKI Jakarta.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto mengatakan pihaknya pun berkoordinasi dengan instansi terkait dalam hal penyediaan guru. Di antaranya Badan Kepegawaian Daerah, Badan Kepegawaian Nasional, serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: