Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Festival Pesona Cirebon Berlangsung 31 Maret Sampai 2 April

352
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Ajang Festival Pesona Cirebon yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 Maret sampai 2 April oleh Keraton Kasepuhan dan Pemerintah Cirebon, Jawa Barat, merupakan awal mula deklarasi untuk wilayah tersebut siap menjadi tujuan wisata.

Dalam acara itu semua seni, budaya dan juga kuliner asli Cirebon akan disuguhkan, agar dikenal lagi oleh masyarakat luas. Kebudayaan yang melekat pada masyarakat Cirebon merupakan perpaduan berbagai budaya yang datang dan membentuk ciri khas tersendiri.

Artikel Terkait
1 daripada 23

Hal ini dapat dilihat dari beberapa pertunjukan khas masyarakat Cirebon antara lain Tarling, Tari Topeng Cirebon, Sintren, Kesenian Gembyung, dan Sandiwara Cirebonan. Kota ini juga memiliki beberapa kerajinan tangan di antaranya Topeng Cirebon, Lukisan Kaca, Bunga Rotan, dan Batik.

Salah satu ciri khas batik asal Cirebon yang tidak ditemui di tempat lain adalah motif Mega Mendung, yaitu motif berbentuk seperti awan bergumpal-gumpal yang biasanya membentuk bingkai pada gambar utama.

Kuliner Cirebon yang siap memanjakan para pengunjung festival seperti tahu gejrot, empal gentong, sega jamblang, sega lengko, tempe mendoan, intip, keripik mlarat, emping besar, tjampolay, dan es doger.

Selain pengenalan Cirebon, Festival Pesona juga bentuk keseriusan Cirebon menjadi kota tujuan wisata dan akan mencoba menyusul dua kota wisata di Indonesia yaitu Yogyakarta dan Bali.


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com