Take a fresh look at your lifestyle.

Ajang ‘Jakpro Leaders Talk’, Cara BUMD DKI Jakarta Perkuat GCG

0 3,577

Jakartakita.com – PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) menginisiasi kebersamaan lintas BUMD se-DKI Jakarta untuk memperkuat Good Corporate Governance (GCG) sebagai upaya preventif berkelanjutan agar terhindar dari jerat kejahatan korporasi.

Inisiatif ini diluncurkan dalam ajang perdana ‘Jakpro Leaders Talk’ yang digelar di Jakarta International Equestrian Park, Jakarta, Rabu (24/4/2019) lalu.

Ajang yang mengusung tema “BUMD Bersih, Kite Banget!” ini, menghadirkan para narasumber ahli, yaitu; Alexander Marwata (Wakil Ketua KPK), Muhammad Sigit (Deputi Bidang Pencegahan PPATK) dan S. Alexander Sianturi (Treasurer ACFE, Association of Certified Fraud Examiners). Bincang ini dipandu moderator, Ichsan Loulembah (Jurnalis Senior).

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto mengungkapkan, kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Direksi BUMN ketika sedang menerima uang suap dari dua kontraktor swasta pada 22 Maret 2019 lalu, menjadi pelajaran bagi BUMD agar terhindar dari kondisi serupa.

Related Posts
1 daripada 1,461

Kejadian berikutnya, 27 Maret 2019, KPK kembali menangkap seorang karyawan salah satu perusahaan BUMN.

Menurutnya, hal ini perlu dikupas tuntas penyebab dan situasi-situasi yang perlu dicermati sehingga penegakan integritas dapat dipupuk dengan upaya-upaya sejak dini.

“Atas dasar hal ini, Jakpro membangun budaya belajar bersama, menggandeng sesama BUMD DKI Jakarta untuk kompak memperkuat GCG,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, penerapan Good Corporate Governance (GCG) merupakan salah satu cara untuk memastikan penyelenggaraan manajemen sesuai koridor kepatuhan, tanpa harus kehilangan daya inovasi.

“Sebagus apapun peraturan, bila manusianya tidak mengetahui, tidak memahami atau belum tergerak untuk memahami koridor-koridor governance, maka tindak korupsi bisa terjadi,” ujarnya.

Adapun acara ‘Jakpro Leaders Talk’ digelar di bawah koordinasi Badan Pembinaan BUMD DKI Jakarta didukung sinergi yang dibangun oleh Forum BUMD DKI Jakarta. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen