Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Perhatikan 7 Hal Ini, Sebelum Melancong Ke Baduy Dalam

280

Baduy DalamJakartakita.com : Bosan dengan wisata yang itu-itu saja? Bagi anda penyuka extreme travelling , mungkin hiking menuju perkampungan Baduy Dalam bisa menjadi pilihan. Selain lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta, jadi Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk akomodasi. Anda juga akan disuguhkan pemandangan alam dan eksotisme budaya Baduy yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

Perkampungan Baduy Dalam berjarak kurang lebih 120 kilometer dari ibukota Jakarta, terletak di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Perkampungan Baduy Dalam dapat ditempuh dengan menggunakan  mobil pribadi ataupun kendaraan umum. Jika menggunakan mobil pribadi, bisa melewati tol Jakarta-Merak, keluar tol Serang Timur dan melewati Serang Kota menuju Rangkasbitung. Mobil pribadi dapat dititipkan kepada warga sekitar Terminal Ciboleger.

Sedangkan bagi pengguna kendaraan umum sebaiknya menggunakan kereta api tujuan Tanah Abang-Rangkasbitung. Untuk jurusan ini harga tiket kereta api kelas ekonomi Rp2.000, kelas ekonomi ekspres Rp4.000. Perjalanan kereta ini memakan waktu dua jam. Dari stasiun kereta menuju terminal Aweh, menggunakan angkutan umum berwarna merah dengan ongkos Rp3.000.

Dari terminal Aweh menuju Ciboleger membutuhkan waktu perjalanan selama 2 sampai 3 jam, bergantung pada laju kendaraan. Tarif yang diberlakukan pun berbeda-beda, tergantung banyak atau sedikitnya penumpang. Harga berkisar dari Rp15.000 sampai Rp25.000. Angkutan umum ini hanya beroperasi dari pukul 5 pagi hingga 3 sore saja.

Dari Terminal Ciboleger, Anda masih harus hiking naik turun lembah selama 3 sampai 5 jam tergantung kondisi fisik. Sungguh sebuah petualangan yang melelahkan. Namun terbayar lunas dengan suasana, nuansa, pemandangan alam yang akan anda nikmati sepanjang jalan tidak akan tergantikan. Berikut ini beberapa tips yang wajib diperhatikan saat melakukan melancong ke Perkampungan Baduy Dalam :

1.      Pastikan anda dalam keadaan fit, tidak kelelahan atau dalam keadaan sakit. Jarak tempuh yang jauh dengan medan yang cukup berat membutuhkan stamina yang prima.  Terkadang stamina yang prima saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan latihan jalan jauh sebelum hari H.

2.      Agar anda tidak tersesat, pastikan anda mengajak seorang guide yang tahu persis medannya. Jika Anda tidak ikut dalam rombongan travel, anda bisa menyewa guide yang merupakan penduduk asli Baduy.

3.     Riset. Sebelum berangkat, ada baiknya anda melakukan riset kecil-kecilan dari internet mengenai medan yang akan ditempuh, juga tentang larangan dan pantangan yang harus dihindari selama melancong.  Jangan sampai anda ‘dihukum’ karena melanggar hokum adat. Seperti kita ketahui bersama, Perkampungan Baduy Dalam sangat menjaga adat tradisi.

4.  Beritahukan dengan detil tentang perjalanan anda.  Sebelum melancong ke Baduy Dalam, beritahukan dengan jelas kepada orang-orang terdekat kemana anda pergi dan berapa lama anda akan berada di sana. Biasanya saat memulai perjalanan, para pelancong wajib melaporkan perjalanannya kepada Jaro (kepala adat) di Baduy Luar. Hindari melenceng dari tujuan anda semula, agar mereka tahu dimana harus mencari apabila anda pergi lebih lama dari waktu yang telah ditetapkan bahkan memberikan pertolongan apabila anda membutuhkan.

5.      Perhatikan Perlengkapan Standar untuk Hiking. Kenakan pakaian dan sepatu/sandal gunung yang nyaman. Saat packing, selain pakaian ganti secukupnya jangan lupa membawa handuk, peralatan makan, korek api, pisau lipat, obat-obatan termasuk vitamin neurotropik Neurobion  untuk mengatasi pegal-pegal selama perjalanan, senter, tissue, plastik untuk sampah dan pakaian kotor, dan lain-lain yang menurut anda perlu. Tapi ingat, jangan berlebihan. Tidak ada salahnya membawa jas hujan ataupun jaket tebal untuk berjaga-jaga bila hujan.

6.      Bawalah Persediaan Makanan dan Minuman Yang Secukupnya. Cuaca panas serta medan tempuh yang cukup jauh dan berat dapat berujung pada dehidrasi tetapi hal ini bukannya tidak dapat diatasi. Sediakanlah air mineral ataupun minuman isotonik yang cukup selama diperjalanan , jangan mengkonsumsi langsung air dari aliran sungai. Sebening apapun kelihatannya, kemungkinan besar air tersebut mengandung bakteri yang dapat membahayakan anda. Bawalah camilan secukupnya untuk di mengisi perut selama perjalanan. Hindari makanan yang hanya akan membuat anda haus untuk menghemat persediaan air. Karena anda dapat bertahan lebih lama karena lapar daripada karena haus. Warga Baduy Dalam memang menyediakan homestay, tetapi anda harus membawa bahan mentah untuk konsumsi anda dan tim juga tuan rumah selama menginap.

7.      Lihat situasi dan kondisi.  Alangkah baiknya menunda perjalanan anda saat musim hujan karena alam tidak akan seramah seperti yang anda kira. Anda harus menempuh perbukitan yang terjal dan curam, saat hujan medan akan lebih berat terutama bagi pemula. Hiking di hari yang cerah juga akan lebih menyenangkan karena pada saat itulah alam akan menampakkan keindahannya.

Dengan memperhatikan tips diatas, anda akan siap untuk berpetualan ke Baduy. Selamat melancong dan menikmati keindahan alam dan segala petualangannya. Jangan lupa bawa kamera anda untuk mengabadikan momen indah selama di perjalanan. Tapi jangan memotret apapun saat sudah memasuki area perkampungan Baduy Dalam ya! (Risma)

1 Comment
  1. Nur Khamdah says

    Terimakasih. Informasinya sangat membantu 🙂
    Ada yang belum kebeli, senter n vitamin neutropik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: