Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Kini, Kulit Udang Bisa Dirubah Jadi Pupuk Tanaman

1 910

Tiket Pesawat Murah Airy

images (3)Jakartakita.com – Kepala Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) BATAN, Hendig Winarno, di Jakarta, Jumat (6/2) menyatakan bahwa pihaknya telah berhasil melakukan modifikasi kulit udang menjadi pupuk.

“Kulit udang adalah bahan alam yang dapat diproses menjadi Oligochitosan dengan mengiradiasi bahan tersebut, menggunakan radiasi gamma sehingga menghasilkan produk yang bermanfaat di bidang pertanian, antara lain sebagai bahan promotor dan pupuk,” katanya.

Artikel Terkait
1 daripada 6

Dijelaskan, Oligochitosan bermanfaat untuk dapat meningkatkan daya tumbuh tanaman, mencegah dan mengurangi penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus, meningkatkan imunitas tanaman dari penyakit, dan meningkatkan produktivitas tanaman.

Dia juga mengungkapkan bahwa hasil temuan tersebut sudah digunakan di Kabupaten Kerinci, Jambi, pada tanaman cabe dan terbukti dapat meningkatkan produktivitas hingga dua kali lipat.

“Tanaman cabe yang diberi Oligochitosan dapat terhindar dari penyakit virus kuning, antaknosa (patek) dan layu fusarium, juga meningkatkan frekuensi panen, mempersingkat usia panen, dan akhirnya meningkatkan produksi sampai dua kali lipat,” tuturnya.

 

Tunjukkan Komen (1)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More