Take a fresh look at your lifestyle.

Kini, Kulit Udang Bisa Dirubah Jadi Pupuk Tanaman

0 1,182

images (3)Jakartakita.com – Kepala Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) BATAN, Hendig Winarno, di Jakarta, Jumat (6/2) menyatakan bahwa pihaknya telah berhasil melakukan modifikasi kulit udang menjadi pupuk.

“Kulit udang adalah bahan alam yang dapat diproses menjadi Oligochitosan dengan mengiradiasi bahan tersebut, menggunakan radiasi gamma sehingga menghasilkan produk yang bermanfaat di bidang pertanian, antara lain sebagai bahan promotor dan pupuk,” katanya.

Related Posts
1 daripada 5,118

Dijelaskan, Oligochitosan bermanfaat untuk dapat meningkatkan daya tumbuh tanaman, mencegah dan mengurangi penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus, meningkatkan imunitas tanaman dari penyakit, dan meningkatkan produktivitas tanaman.

Dia juga mengungkapkan bahwa hasil temuan tersebut sudah digunakan di Kabupaten Kerinci, Jambi, pada tanaman cabe dan terbukti dapat meningkatkan produktivitas hingga dua kali lipat.

“Tanaman cabe yang diberi Oligochitosan dapat terhindar dari penyakit virus kuning, antaknosa (patek) dan layu fusarium, juga meningkatkan frekuensi panen, mempersingkat usia panen, dan akhirnya meningkatkan produksi sampai dua kali lipat,” tuturnya.

 

Tinggalkan komen