Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Twitter @pulangkonvoi Cara Ampuh Hindari Begal

185

foto istimewa - @pulangkonvoi

Jakartakita.com – Akhir – akhir ini tindak kejahatan perampasan motor (begal) sangat marak diberitakan di media massa. Akibatnya, masyarakat diliputi keresahan. Mereka (khususnya para pengendara motor) menjadi was – was setiap keluar pada jam malam. Belum lagi kawasan yang akan dilalui oleh pengendara motor tersebut adalah kawasan yang sepi dan rawan tindak kejahatan.

Kegalauan takut di begal saat pulang kerja larut malam pun dirasakan oleh Awang Dito, 30 tahun, Diaz Hermawan (30), dan Agus Nugraha (33), warga Tangerang. Mereka pun akhirnya berinisiatif untuk membuat sebuah komunitas pulang bareng ke daerah yang sama agar terhindar dari tindak kejahatan.

Mereka memulai dari situs mikroblogging Twitter @pulangkonvoi, yang mereka buat pada tanggal 24 Februari 2015. Dengan membagi tugas masing – masing, Agus yang mendesain, Diaz yang membuat akun e-mail, dan Dito yang membuat akun Twitter.

Dito menjelaskan, bagi para karyawan, pekerja, atau siapapun yang was – was pulang larut karena lembur, kalian bisa bergabung di Twitter dengan akun @pulangkonvoi untuk mencari teman pulang yang searah tujuan rumah.

Caranya, pengguna Twitter harus mencuit arah pulang, tujuan, janjian jam berapa, dan lokasi bertemu. Setelah itu nanti akan ada balasan cuitan. Setelah bertemu, para pengendara harus saling mengecek teman seiring terlebih dahulu. Agar lebih akrab, mereka bisa ngobrol dan berfoto ‘selfie’ bersama tanpa helm. “Kalau bisa, saling mengecek tas juga. Semua hal itu dilakukan untuk mengecilkan tindakan kejahatan lainnya,” tandas Dito.

Tidak sampai disitu, sesampainya nanti di rumah, anggota konvoi dianjurkan untuk mencuit kembali ke @pulangkonvoi dan mengabarkan kalau sudah selamat sampai tujuan.

@pulangkonvoi saat ini sudah ada sekitar 15,000 anggota, dan aktif dalam memberikan informasi kepada setiap anggotanya yang semua bertempat di sekitar Jabodetabek. Untuk wilayah lain, Dito menambahkan belum ada grup seperti ini.

“Untuk meminimalisir tindak kejahatan begal yang sedang marak. Kita memang harus bergotong royong bersama dan saling menjaga, itulah moto dari terbentuknya grup ini,” ungkap Dito.

Jadi untuk kalian pengguna akun Twitter yang sering pulang malam dan bertempat tinggal di Jabodetabek, @pulangkonvoi siap menemukan teman pulang bareng untuk Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: