Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Pengguna Socmed di Indonesia Lebih Banyak Bercanda

0 774

Tiket Pesawat Murah Airy

Sosial Media
foto : istimewa

Jakartakita.com – Berdasarkan data PT Merah Cipta Media yang membawahi sejumlah perusahaan konsultan komunikasi, startup incubator, dan berbagai perusahaan teknologi online di Indonesia, pengguna media sosial Indonesia adalah yang paling berisik di dunia meskipun pengguna internet di Indonesia hanya 72 juta.

Menurut data tersebut, masyarakat Indonesia sangat aktif bermedia sosial, terbukti 93% dari pengguna internet aktif mengakses Facebook, bahkan warga Jakarta adalah pengguna Twitter terbanyak di dunia.

Namun sayangnya, pengguna media social di Indonesia kurang bisa memanfaatkan informasi dari berbagai media sosial, khususnya untuk meningkatkan daya saing individu.

“Orang di Indonesia ini lebih banyak bercanda dalam memanfaatkan media sosial, alih-alih menggunakan informasi dari media sosial untuk meningkatkan daya saing,” kata anggota Dewan Pers, Ninok Leksono dalam diskusi bertajuk Sosial Media untuk Kepentingan Publik dan Peran Jurnalisme di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Rabu (18/3/2015).

Artikel Terkait
1 daripada 75

Ninok berpendapat, kurang seriusnya pengguna media sosial mengakibatkan mereka teralihkan oleh hal-hal yang tidak penting dan menghabiskan banyak waktu untuk mengakses hal tidak penting tersebut.

Sebagian besar pengguna media sosial di Indonesia, ujar dia, hanya menggunakan media sosial untuk mengetahui informasi yang dangkal dan tidak tergerak memanfaatkan media sosial untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap.

Hal itu, tutur dia, berbahaya bagi kapasitas mental generasi pengguna media sosial karena mereka tidak terbiasa berpikir mendalam.

Ia pun menekankan, media sosial seharusnya menjadi pemberi informasi dan pencerah masyarakat.

“Media sosial harus mencerahkan masyarakat, untuk itu penggunanya juga harus memanfaatkan teknologi dalam jalan yang benar,” ujar dia, sambil menyebut contoh banyaknya meme atau gambar satir terkait isu atau tokoh tertentu yang dinilai kurang penting.
 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?