Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Begini Cara Unik Green Peace Sindir Perusak Lingkungan

170
greenpeace
foto : istimewa

Jakartakita.com – Pada hari Minggu (22/3/2015), dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, organisasi lingkungan global, Greenpeace menggelar kegiatan unik, di Kampung Nyalindung, Desa Linggar, Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Adapun kegiatan unik yang dimaksud adalah peragaan busana rancangan karya perancang Indonesia, yang digelar langsung di atas area persawahan masyarakat yang sudah puluhan tahun terkena pencemaran industri tekstil.

Fashion show ini memamerkan karya bersemangat eco-fashion dari perancang terkemuka Indonesia seperti Lenny Agustin, Felicia Budhi dan Indita Karina, bersama mahasiswa BINUS Northumbria School of Design.

Sebagai informasi, Rancaekek, Kabupaten Bandung, merupakan wilayah perbatasan Bandung-Sumedang yang terkenal sebagai daerah yang telah puluhan tahun terkena dampak pencemaran industri tekstil.

Juru kampanye Detox Greenpeace Indonesia, Ahmad Ashov Birry mengatakan, aksi sindiran yang mereka gelar merupakan bagian dari kampanye global Detox Greenpeace yang telah bergulir sejak 2011. Dunia fashion digunakan sebagai pintu masuk kampanye lantaran ada pesan paradoks yang hendak ditonjolkan.

“Fashion adalah dunia yang menawarkan keindahan dan kebahagiaan, sehingga sudah seharusnya tidak merusak lingkungan dan membahayakan kesehatan,” ujar Ashov.

Ditambahkan, saat ini banyak industri fashion global yang beroperasi di Indonesia. Tidak sedikit dari mereka masih menghasilkan produk tekstil yang “kotor dan beracun”, alias tidak ramah lingkungan.

“Komitmen detox mereka harus terus dikawal,” tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: