Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jepang Mengenalkan ‘Izumo’ Kapal Perang Terbesar Mereka Pada Perang Dunia ke II

285
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Angkatan Bela Diri Jepang (MSDF), kembali unjuk gigi pada dunia lewat penemuan kapal Izumo, kapal militer terbesar milik Jepang pada saat Perang Dunia II pada Kamis (26/3/2015).

Penemuan kapal perang ini diresmikan pada upacara di pangkalan angkatan laut Yokusuka, Jepang, yang juga markas bagi Angkatan Laut AS Armada Ketujuh.

Seperti yang dilansir oleh CNN, Izumo memiliki awak kapal sebanyak 470 orang, dengan berat standar 19.500 ton (maksimal 24.000 ton, saat beban penuh), ukuran kapal Izumo hampir sama dengan kapal induk kelas Yamato, yang pada saat perang dunia ke II pernah berjuang melawan angkatan laut Amerika di laut Pasifik.

Salah satu bangkai dari dua kapal perang Yamato ini ditemukan pada kedalaman 241 meter (791 kaki) didasar laut pada awal Maret 2015 oleh co-founder Microsoft, Paul Allen. Kapal perang Izumo ini memiliki panjang 51 meter (167 kaki) lebih panjang dari Hyuga.

“Izumo membuktikan bahwa Jepang memiliki kemampuan teknis dalam mengembangkan kapal induk. Ada juga kemungkinan bahwa Jepang mungkin mengeksplorasi kembali nilai sejarah dari kapal Izumo itu,” ungkap Li Jie, seorang ahli militer dari Beijing.

Menanggapi akan penemuan kapal perang ini, pemerintah China juga dikabarkan  telah mengundang pemimpin Jepang untuk menghadiri upacara peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Dunia ke II yang diadakan di ibukota China, pada bulan September 2015 nanti.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: