Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Rasa Solidaritas Bikin Tim Alix Wakili Indonesia di Semifinal Imagine Cup 2015

173

Tim Alix Imagine Cup 2015Jakartakita.com – Kamis (26/3/2015), Microsoft Indonesia secara resmi menggelar babak final dari kompetisi Imagine Cup 2015 Indonesia di Gandaria City, Jakarta. Kompetisi ini sendiri menantang mahasiswa seluruh Indonesia untuk bertanding dalam mengembangkan aplikasi yang inovatif dan memiliki solusi untuk masyarakat.

Nantinya pemenang dari kompetisi ini akan berkesempatan mengikuti ajang Imagine Cup 2015 Dunia dan bertanding dengan pemenang dari negara lainnya. Setelah melalui penjurian yang ketat dan panjang akhirnya terpilihlah 3 tim finalis yang terdiri dari Alix yang menjuarai kategori World Citizenship, Dodo Project yang menjuarai kategori Innovation, dan Urban Studio yang menjuarai kategori Games.

Rasa solidaritas dari Tim Alix dari Unikom Bandung kepada anak-anak yang kurang mampu menginspirasinya untuk membuat ‘Bantu Anak Asuh Apps’. Aplikasi unik ini berbasis windows phone yang memberikan kemudahan berdonasi untuk anak yatim piatu dan anak tidak mampu yang terancam putus sekolah.

Aplikasi Bantu Anak Asuh (BAA) ini melibatkan peran serta semua pihak dalam mengurangi angka putus sekolah di dunia. Pihak yang terlibat dalam aplikasi ini meliputi, donatur, lembaga amal yang sudah mempunyai legalitas secara hukum, komunitas social/gerakan anak putus sekolah, masyarakat, pemerintah, dan juga pihak sekolah yang secara berhubungan langsung dengan anak-anak.

Jadi sistem kerjanya adalah aplikasi ini menyediakan database anak asuh yang sudah terverifikasi oleh lembaga terpercaya. Pengguna aplikasi bisa mendaftar sebagai donatur, sistem registrasi akan diverifikasi menggunakan email dan sms. Kemudian donatur yang sudah terdaftar akan memilih anak asuh sesuai kategori tertentu berdasarkan lokasi terdekat. Bila sudah menemukan anak asuh, donatur tinggal melakukan transaksi donasi.

Pihak donatur juga akan mendapatkan seluruh laporan dalam aplikasi yang dapat didownload dengan format .pdf. Tak hanya berdonasi, donatur juga bisa loh merekomendasikan anak asuh baru. Aplikasi donasi ini juga akan memudahkan administrator untuk mengelola data donasi melalui website dengan mudah.

 Pemenang Imagine Cup 2015 kategori Innovation, Dodo Project yang juga dari Unikom Bandung membidik para orang tua sebagai target pengguna aplikasinya yang dinamakan Dodo Kids Browser. Lewat aplikasi ini orang tua dapat mengontrol dan mengawasi anak-anak saat berselancar di dunia maya.

Dodo Kids Browser punya tiga fitur, yaitu; menyaring sekaligus memprioritaskan konten anak (savior), memberitahu orang tua sewaktu anak membuka konten yang tidak sesuai (notifior), dan menyajikan laporan aktifitas anak selama menggunakan internet kepada orang tua dalam bentuk tabel dan grafik (reportior).

Tim Urban Studio dari Universitas Trunojoyo Madura mempresentasikan Help Me Up yang merupakan sebuah game Adventure Puzzle yang berbasis cerita untuk menghibur semua kalangan umur. Dalam game ini pemainnya harus membantu dalam mengarahkan laba-laba menuju ke sarangnya dengan membawa makanan untuk anaknya.

Pemainnya ditantangannya dengan menggunakan jaring yang disediakan secara efisien agar bisa sampai kembali ke sarangnya. Game ini telah memiliki dua stage yang terdiri dari stage Park dan UFO. Setiap stage ini memiliki 12 level. Selain itu, tim Urban Studio sedang melakukan pengembang stage ketiga yaitu SaturCandy.

Wah, hebat-hebat ya aplikasi para developer muda ini.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: