Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tidal, Platform Musik dan Video Streaming Milik Musisi Dunia

212
tidal - platform musik streaming
foto : istimewa

Jakartakita.com – Layanan streaming musik memang banyak tersedia di internet, namun platform baru berikut ini cukup unik. Adalah Tidal, sebuah platform musik dan video yang dimiliki oleh penyanyi-penyanyi beken. Bahkan digadang-gadang, ini adalah platform pertama yang dimiliki artis.

“Ini adalah platform yang dimiliki oleh para musisi,” kata Jay Z, dalam sebuah wawancara pekan lalu saat ia bersiap untuk konferensi pers mengumumkan layanan Tidal, seperti dilaporkan nytime.com, Senin (30/3/2015).

“Kami memperlakukan orang-orang yang benar-benar peduli tentang musik dengan sangat hormat,” sambungnya.

Tapi mungkin bagian yang paling penting dari yang dikatakan Jay Z adalah bahwa mayoritas pemilik perusahaan adalah para seniman atau musisi ternama.

Langkah ini dinilai dapat membawa keuntungan finansial bagi mereka yang terlibat, dan bisa memberi kesan yang kuat dalam industri musik, di mana musisi biasanya jarang memiliki kontrol langsung terhadap hasil karya/pekerjaan mereka untuk dikonsumsi masyarakat.

“Misi kami melampaui komersialisme, melampaui teknologi. Keinginan kami adalah menyediakan musik di hidup kita,” ujar Keys.

Sama seperti platform musik lainnya, seperti misalnya Spotify dan lain-lainnya, Tidal menyediakan konten musik dan video yang bisa di-stream di komputer, tablet dan smartphone, atau didengarkan saat offline.

Pengguna diberikan dua opsi untuk menikmati layanan itu yakni USD 10 untuk kualitas suara standar dan USD 20 untuk kualitas suara yang lebih mumpuni.

Adapun para artis/musisi lainnya yang menjadi co-founder dari Tidal, antara lain, Rihanna, Kanye West, Madonna, Nicki Minaj, Jack White, Alicia Keys, penyanyi country Jason Aldean, duo tari Perancis Daft Punk (yang biasa menggunakan kostum robot signature), grup band Arcade Fire, dan Beyonce.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: