Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Pemerintah Kirim Tim Gabungan ke Yaman

520

foto istimewa - perang yamanJakartakita.com – Upaya evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang masih terjebak di Yaman terus dilakukan. Pemerintah telah mengirimkan tim gabungan ke negara yang tengah dilanda konflik tersebut. “Dua Tim Percepatan Evakuasi WNI gabungan unsur Kemlu RI, Polri, TNI AU dan instansi terkait lainnya akan  berangkat menuju Yaman malam ini. Kedua tim merupakan tim veteran yang sudah pernah melakukan evakuasi WNI di Tripoli dan Damaskus,” kata Direktur PWNI-BHI, Lalu Muhammad Iqbal, dalam briefing di kantor Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (1/4/2015), seperti dilansir situs Kemlu.

Tim pertama yang terdiri atas lima belas orang akan masuk melalui Jeddah, sementara tim kedua akan masuk melalui Oman.

“Pergerakan kedua tim  akan sangat dinamis, bergantung pada kondisi di lapangan. Saat ini, 309 WNI yang dibawa melalui 16 kendaraan sedang dalam perjalanan keluar Yaman melalui jalan darat. Opsi melalui udara, menggunakan pesawat TNI AU merupakan opsi yang paling cepat, namun juga terbatas. Hal ini dikarenakan walau saat ini no-fly zone baru saja diangkat, tidak ada yang tahu kapan pengangkatan no-fly zone akan berakhir,” terang Iqbal.

Artikel Terkait
1 daripada 54

Indonesia, menurut Iqbal, juga dapat menggunakan opsi kapal laut. Meski opsi kapal laut bukan merupakan opsi yang feasible, mengingat jarak Indonesia-Yaman menggunakan transportasi laut memakan waktu 15 hari, namun Indonesia bisa  meminta bantuan India yang berlokasi relatif dekat, atau Tiongkok yang memang mempunyai pangkalan militer di Afrika.

Iqbal bersama Jubir Kemlu Arrmanatha Nasir juga menjelaskan bahwa evakuasi WNI tidak akan langsung dilakukan ke Indonesia, namun ke wilayah aman di luar Yaman. Kota Salala, Oman akan dijadikan markas untuk tim evakuasi. Salala mempunyai bandara internasional yang relatif aman dan tidak sibuk. Oman sebagai negara netral juga cukup terjamin kestabilannya.

Sebagai penutup, Iqbal menekankan pentingnya untuk melakukan evakuasi selagi dapat dilakukan. “Pemerintah Indonesia berharap bahwa kondisi akan membaik. Namun jika tidak dan konflik menyebar, evakuasi akan semakin sulit dilakukan. Mohon dukungannya untuk program Evakuasi WNI ini,” pungkasnya.

 


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?