Take a fresh look at your lifestyle.

Hati-hati Penipuan via Internet Atas Nama Google!

4 2,614

penipuanJakartakita.com – Makin canggih saja modus penipuan lewat internet yang dilakukan orang-orang yang tak bertanggung jawab. Dalam sebuah e-mail atau surat elektronik yang diterima awak redaksi Jakartakita.com Rabu (8/4/2015) pagi ini, disebutkan bahwa ia terpilih sebagai penerima hadiah promo Android Easter Cash Splash yang diselenggarakan Google.

Hadiah yang diterima sebagai pemenang promo tersebut, seperti disebutkan surel dengan nama pengirim “Google Android”, adalah sebesar 500 ribu pound sterling. Bila dirupiahkan, nilanya sekitar Rp 9,6 miliar!

Related Posts
1 daripada 749

Untuk lebih meyakinkan, di akhir surel dicantumkan nama Patrick Pichette dengan jabatan Chief Financial Officer Googel Inc. Anehnya, lokasi ‘Pichette’, dimana person yang asli telah mengumumkan pengunduran dirinya dari Google Inc pertengahan Maret lalu karena ingin berlibur bersama istri, di surel tersebut disebutkan berada di Inggris, dengan nomor kontak yang bisa dihubungi diawali +44 yang merupakan kode internasional untuk Inggris. Padahal, kantor pusat Google Inc ada di Mountain View, Kalifornia.

Selidik punya selidik, ternyata modus penipuan seperti ini telah merebak awal tahun ini, dengan promo saat itu disebutkan New Year Promo. Isi surelnya sama persis, hanya nama promonya diganti.

Yang paling berbahaya, surel ini meminta ‘pemenang hadiah’ me-reply dengan mengirimkan informasi pribadi berupa nama, alamat rumah, nomor ponsel, alamat e-mail dan nomor tiket yang disertakan dalam surel. Tentu berbagai informasi rahasia ini berbahaya sekali jika jatuh ke tangan orang jahat.

Tunjukkan Komen (4)