Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Yuk, Sarapan Kuliner Khas Betawi!

0 947

Tiket Pesawat Murah Airy

Jakartakita.com – Sudahkah Anda sarapan pagi ini? Sarapan nasi goreng, bubur ayam, nasi uduk, atau nasi kuning? Menu tersebut memang biasa kita jumpai sehari-hari. Jangan pernah menganggap sepele sarapan ya karena di pagi hari Anda butuh energi untuk menunjang aktivitas. Tapi, apakah Anda tahu sarapan khas Betawi? Bagi yang belum tahu, berikut Jakartakita.com informasikan untuk Anda!

foto: kulinerbee
foto: kulinerbee

Nasi Uduk Betawi. Hampir semua masyarakat Jakarta (sekalipun bukan orang Betawi) mengenal nasi uduk. Nasi uduk sangat familiar sebagai sarapan di Jakarta. Mirip dengan nasi liwet, nasi uduk yang terbuat dari beras putih dimasak bumbu-bumbu. Bumbu-bumbu nasi uduk tersebut seperti garam, santan, daun serai, daun salam, dan daun jeruk. Rasa nasi uduk sangat lezat dan gurih. Nasi uduk biasa dimakan dengan telur dadar yang diiris, semur jengkol, ayam goreng, empal, kentang balado, dan sambal kacang.

foto: Istimewa
foto: Istimewa

Nasi Ulam Betawi.  adalah nasi putih yang diberi taburan parutan kelapa yang disangrai hingga kering dengan rasa gurih dan pedas. Jenis sarapan ini juga diberi lalapan berupa mentimun, kemangi dan toge pendek. Rasanya makin ramai kalau ditambah dengan bakwan atau tempe goreng. Kalau kamu penggemar pedas, kamu bisa menambah kuah kacang. Pasti makin sedap rasanya.

Artikel Terkait
1 daripada 2

Lontong Cap Gomeh

Ketupat Sayur Betawi. Ketupat sayur merupakan makanan khas Betawi yang biasa dijadikan sebagai menu sarapan. Ketupat sayur terbuat dari irisan ketupat/ lontong dengan kuah santan yang gurih. Taburan ketupat sayur berupa bawang goreng, kacang kedelai, dan kerupuk/emping.

Kue GemblongKue Gemblong. Kue ini merupakan salah satu kue legendaris yang ada di Jakarta, keberadaan kue ini sudah cukup lama menjadi penganan yang cukup digemari masyarakat. Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan yang digoreng berbentuk bulat dan setelah dingin dilapisi dengan larutan gula. Orang Betawi sering menyantap ini sebagai sarapan, menemani secangkir kopi di pagi hari.

Ketan SerundengKetan Srundeng Betawi. Pedagang nasi uduk Betawi biasanya juga menjual penganan ini. Rasanya gurih dengan aroma wangi plus kelapa berbumbu yang pedas gurih. Sedap! Cukup mengenyangkan untuk sarapan pagi karena terbuat dari ketan.

Terkadang orang Betawi juga suka sarapan hanya dengan aneka gorengan seperti, pisang goreng, ubi goreng, bakwan dan lainnya. Namun, masih suka kurang ‘nampol’ kalau belum makan nasi uduk atau ketupat sayur.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More