Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ini Dia, 10 Kuliner Khas Betawi yang harus Anda coba Pekan ini

0 856

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Betawi merupakan penduduk asli dari ibu kota Jakarta. Sejarah dari betawi sendiri sangat dinamis, dalam kata lain ‘sangat rumit’. Sampai – sampai mempengaruhi warisan kulinernya. Namun hal ini menjadikan masakan Betawi menjadi lebih ramai jenisnya, dan bercita rasa tinggi tentunya.

Makanan khas Betawi banyak dipengaruhi oleh budaya Cina, Eropa, dan Arab. Citarasa yang enak, gurih dan sedap menjadi ciri khas masakan Betawi.

Sebenarnya, Betawi memiliki banyak sekali makanan khas nan lezat. Namun, seiring perkembangan zaman, dan semakin pesatnya pertumbuhan kota, semakin banyak juga jenis makanan khas Betawi yang nyaris punah. Oleh karena itu, untuk mengingatkan kembali warisan kuliner nenek moyang. Berikut ada info, 10 makanan khas Betawi terpopuler versi Jakartakita.com,

  1. Kerak Telor

Kerak telor merupakan makanan khas Betawi yang sangat terkenal terutama pada saat acara Pekan Raya Jakarta.

Kerak telor memang agak sedikit mirip dengan martabak telor, perbedaanya hanya terletak pada isinya saja. Isi kerak telor adalah ketan dan ubi. Cara memasak kerak telor sangat unik, yaitu dengan dipanaskan di atas tungku arang.

  1. Nasi Uduk

Hampir semua masyarakat Jakarta (sekalipun bukan orang Betawi) pasti mengenal nasi uduk. Nasi uduk merupakan jenis makanan pagi yang sangat familiar di Jakarta. Mirip dengan nasi liwet, nasi uduk yang terbuat dari beras putih dimasak dengan bumbu-bumbu.

Bumbu dari nasi uduk adalah garam, santan, daun serai, daun salam, dan daun jeruk. Rasa nasi uduk akan menjadi sangat lezat dan gurih jika dikonsumsi dengan telur dadar yang diiris, semur jengkol, ayam goreng, empal, kentang balado, dan sambal kacang.

  1. Nasi Ulam

Nasi ulam merupakan makanan khas Betawi yang dipengaruhi dari budaya kuliner Cina. Masakan ini biasanya memakai nasi pera yang disiram dengan semur kentang/ semur tahu/ semur telur. Paling enak kalau ditambah dengan cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar iris, dan perkedel kentang.

Nasi ulam akan jadi tambah nikmat dikonsumsi dengan menggunakan toping daun kemangi, sambal, bawang goreng, dan taburan kacang tanah tumbuk.

  1. Ketupat Sayur/ Lontong Sayur

Ketupat sayur juga merupakan makanan khas Betawi. Jenis makanan ini terbuat dari irisan ketupat/ lontong dengan kuah santan yang gurih. Taburan ketupat sayur berupa bawang goreng, kacang kedelai, dan kerupuk/emping

  1. Gado-gado
Artikel Terkait
1 daripada 219

Gado-gado merupakan salah satu kuliner kebanggan Indonesia setelah Rendang. Orang asing menyebut gado-gado dengan sebutan ‘saladnya orang Indonesia’.

Gado-gado berisi lontong/ ketupat, sayuran, kerupuk dan bawang goreng. Gado-gado bisa disantap pada saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Di Jakarta, banyak sekali penjual gado-gado.

  1. Ketoprak

Ketoprak terbuat dari ketupat atau lontong yang berisi bihun, toge, dan tahu. Ketoprak Betawi dengan rasa yang lezat ini disiram dan diaduk dengan sambal kacang. Ketoprak juga ditaburi dengan kerupuk. Makanan khas Betawi ini termasuk makanan berat yang agak ‘ringan’.

  1. Semur Jengkol

Semur jengkol merupakan satu-satunya makanan khas betawi yang tak terbantahkan lagi keasliannya. Masakan khas betawi yang lain mungkin ada kembarannya di daerah lain tetapi semur jengkol hanya ada di daerah Betawi saja.

Orang Betawi mampu membuat jengkol menjadi hidangan semur yang lezat. Untuk menghilangkan baunya, jengkol biasa di rendam di air kapur atau air dari rebusan tangkai padi.

Dahulu, daerah Pondok Gede dan Lubang Buaya, merupakan daerah dimana banyak terdapat pohon jengkol.

  1. Laksa Betawi

Laksa berasal dari daerah Cibinong, kemudian merambah ke Jakarta dengan sebutan Laksa Betawi. Pengusaha Laksa Betawi kebanyakan adalah orang Cina Betawi.

Laksa merupakan jenis makanan sepinggan yang berkuah. Laksa berisi bihun, telur, perkedel, daun kemangi, dan daun kucai.

  1. Pindang Bandeng

Pindang bandeng hampir menyerupai semur, tetapi ada penambahan belimbing wuluh didalamnya. Rasa pindang bandeng benar – benar eksotis, beberapa orang bilang sangat lezat dan segar.

  1. Soto Betawi

Soto Betawi berkuah santan dengan isi daging sapi, tomat, dan kentang. Rasa soto betawi ini sangat lezat dan gurih. Daging soto betawi terasa empuk, dan kuahnya terasa gurih.

Makanan sepinggan khas betawi ini sangat cocok disantap dengan nasi putih pada saat makan siang.

Jadi tunggu apalagi, silahkan mencoba…

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?