Take a fresh look at your lifestyle.

Mau Tahu Asal Mulanya Nama Pasar Rebo? Ternyata…

0 2,034
senja di persimpangan pasar rebo
foto : istimewa

Jakartakita.com – Pasar Rebo adalah sebuah kawasan yang cukup terkenal dan merupakan kecamatan di Jakarta Timur.

Wilayah Pasar Rebo mencakup 5 kelurahan yaitu Kelurahan Pekayon, Kelurahan Kalisari, Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Cijantung, dan Kelurahan Gedong.

Tentang asal usul nama Pasar Rebo dijelaskan oleh Zaenuddin HM, di dalam buku karyanya berjudul “212  Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan oleh Ufuk Press pada Oktober 2012 lalu.

Related Posts
1 daripada 1,095

Menurutnya, nama Pasar Rebo diambil dari kebiasaan pasar itu buka, yakni pada masa lalu, terutama pada zaman kekuasaan kolonial Belanda, pasar itu dibuka hanya pada setiap Rabu dan hari-hari lain ditutup.

Masyarakat, khususnya orang-orang Betawi, menyebut Rabu menjadi Rebo, sehingga akhirnya kawasan tersebut disebut Pasar Rebo.

Demikian halnya beberapa tempat lain di Jakarta yang namanya merujuk pada hari dibukanya pasar, misalnya Pasar Minggu, Pasar Senen, dan Pasar Jumat.

Tetapi, sekarang pasar-pasar di kawasan Pasar Rebo sudah buka setiap hari, dan kehidupan masyarakatnya telah jauh berubah, seiring dengan perkembangan kota Jakarta.

Kini, di wilayah Pasar Rebo terdapat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo Jakarta Timur, yang cukup besar dan telah menjadi tempat rujukan berobat untuk segala penyakit bagi masyarakat di wilayah Jakarta Timur. (Sumber : Bisnis.com)

 

Tinggalkan komen