Take a fresh look at your lifestyle.

Ahok : Kedepan, Semua Sekolah di DKI Jakarta Harus Sudah Bisa Terapkan UN Online

0 1,014
Ujian Nasional
foto : istimewa

Jakartakita.com – Pemprov DKI menargetkan tahun depan seluruh sekolah di Jakarta harus sudah bisa menerapkan sistem Ujian Nasional (UN) berbasis komputer (CBT).

Menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), ke depannya semua sekolah di DKI Jakarta harus sudah mengarah ke UN online.

“Saya kira ke depannya semuanya harus sudah mengarah ke UN online. Hampir semua siswa sudah punya laptop kok,” kata Ahok, saat meninjau pelaksanaan UN hari pertama di SMA Santa Ursula, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2015).

Related Posts
1 daripada 5,263

Ia mengatakan, sistem ujian CBT atau online akan menghilangkan kemungkinan nilai dimanipulasi oleh oknum pihak sekolah atau Dinas Pendidikan. Seluruh hasil ujian siswa akan secara otomatis diproses dan dinilai oleh sistem komputer.

Ujian online, juga akan membuat pihak sekolah bisa dengan lebih mudah mengidentifikasi kemajuan proses belajar yang dilakukan oleh siswa.

“Sama seperti kita terima PNS, kita pakai sistem CAT (computer-assisted training),” katanya.

Tahun ini, baru ada 30 sekolah di DKI yang melaksanakan UN online. 30 sekolah itu terdiri dari 26 SMK, 3 SMA, dan 1 SMP.

UN tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di DKI Jakarta tahun ini diikuti oleh 115.608 siswa. Sebanyak 51.294 siswa berasal dari 461 SMA atau MA, sedangkan sebanyak 64.314 berasal dari 596 SMK.

 

Tinggalkan komen