Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ini Dia Asal Usul Nama Kamal Muara di Penjaringan, Jakarta Utara

0 1,726

Tiket Pesawat Murah Airy

kamal muara-jakarta utara
foto : istimewa

Jakartakita.com – Kamal Muara adalah sebuah wilayah yang merupakan sebuah Kelurahan di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Daerah tersebut tidak bisa dipisahkan dari aktivitas para nelayan di pelabuhan Muara Angke.

Sejak tahun 1960-an, kawasan Kamal Muara memang menjadi pelabuhan ikan yang cukup ramai bagi warga Jakarta Utara. Di pelabuhan ini, perahu-perahu nelayan mendarat di sekitar kali yang bermuara di pantai utara.

Artikel Terkait
1 daripada 91

Namun, seiring dengan dikembangkannya pelabuhan ikan Muara Angke pada 1977, maka pelabuhan ikan Kamal Muara menjadi sepi karena kegiatannya dialihkan ke tempat yang baru itu.

Zaenuddin HM, dalam buku karyanya berjudul “212  Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan oleh Ufuk Press pada Oktober 2012, mengungkapkan bahwa nama Kamal Muara berasal dari keadaan lingkungannya saat itu, sekitar kali yang bermuara ke laut Jawa.

Hingga sekarang pun nyaris tidak berubah, hanya saja di sekitar kawasan Kamal Muara semakin padat rumah penduduk.

Belakangan ini dikabarkan bahwa, Pemprov DKI Jakarta berencana membangun waduk di Kali Tunjungan, Kamal Muara, Penjaringan Jakarta Utara. (Sumber : Bisnis.com)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?