Take a fresh look at your lifestyle.

367 WNI yang Dievakuasi dari Yaman Telah Tiba di Tanah Air

0 858
dok. Kemlu
dok. Kemlu

Jakartakita.com – Sebanyak 367 WNI yang dievakuasi dari Yaman tiba di bandara Soekarno-Hatta Selasa (14/4/2015) pukul 11.00 pagi. Para WNI yang tiba di Indonesia ini menggunakan pesawat charter dan merupakan pemulangan kloter kesembilan sejak intensifikasi evakuasi Yaman dimulai.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno LP Marsudi, selaku koordinator evakuasi, seperti dilansir situs resmi Kemlu, menyampaikan bahwa keberhasilan proses evakuasi merupakan hasil kerja keras serta komunikasi dan koordinasi yang baik antara semua pihak di tim gabungan dari Kemlu, TNI, Kepolisian dan BIN.

Related Posts
1 daripada 6,876

Selain itu, kelancaran upaya evakuasi ini juga merupakan hasil dari pelibatan berbagai pemangku kepentingan seperti kalangan ulama dan tokoh masyarakat, Persatuan Pelajar Indonesia di Yaman, organisasi internasional khususnya ICRC (International Committee of the Red Cross), warga negara Djibouti yang menjadi Konsul Kehormatan Indonesia di Djibouti, serta kalangan swasta. Salah satu pihak swasta yang terlibat adalah Air Asia yang memberikan tarif khusus bagi penerbangan misi kemanusiaan dari Salalah ke Jakarta sebagai bentuk CSR.

Para WNI yang tiba di tanah air hari ini umumnya berasal dari daerah Tarim dan Al’Mukalla, Yaman, yang dievakuasi ke Salalah, Oman, sebelum kembali ke Indonesia.

Dengan kembalinya 367 WNI dari Yaman hari ini, pemerintah sejak akhir Desember 2014 telah berhasil melakukan evakuasi sebanyak 1.988 WNI keluar dari Yaman dan 1.369 WNI diantaranya telah tiba kembali di Indonesia. Sisanya sebanyak 619 WNI sudah berada di lokasi aman di Salalah, Oman (404 WNI), Jizan, Arab Saudi (117 WNI) dan Djibouti City, Djibouti (98 WNI) menunggu proses pemulangan ke Indonesia.

Tinggalkan komen