Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Persija dan Jakmania Merindukan Sosok Bang Yos

0 835

Tiket Pesawat Murah Airy

Ketum The JakmaniaJakartakita.com Sosok penting Persija Jakarta sangat dinantikan para suporter yang dikenal The Jakmania seperti era Gubernur DKI, Sutiyoso  tahun 1997-2007. Sejak lengsernya Panglima Komando Daerah Militer Jaya ke-13 itu, Macan Kemayoran seakan tak memiliki dorongan tersendiri dari penguasa Jakarta.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Jakmania, Richard Achmad Supriyanto saat wawancara dengan Jakartakita.com di Bens Radio, Jagakarsa, Rabu (15/4/2015). Ketua Umum Jakmania periode 2014-2016 itu, menyebut simbol ataupun ikon itu sangat penting dan merupakan kebanggaan tersendiri khususnya bagi Jakmania.

Menurut Richard, hingga saat ini belum ada Gubernur Jakarta yang bisa menggantikan kepiawaian Bang Yos, panggilan akrab Sutiyoso, dalam mengurus Persija dan Jakmania yang merupakan aset Jakarta.

Mengapa disebut aset Jakarta?

Artikel Terkait
1 daripada 250

Richard pun mengurai sebuah data mencengangkan tentang kekuatan Persija dan Jakmania. Baru-baru ini sebuah lembaga riset independen baru saja memaparkan hasil risetnya, bahwa Persija adalah salah satu klub dari 10 klub sepakbola yang memiliki jumlah penggemar fanatik terbesar di dunia. Bahkan berdasarkan riset ada sekitar 21 juta penggemar Persija di seluruh dunia. Wow, sebuah jumlah yang sangat fantastis.

Sedangkan jumlah anggota Jakmania sendiri yang memiliki kartu anggota, ada sekitar 80.000 orang. Kalau potensi ini dimanfaatkan dengan baik, maka siapapun akan mendapatkan dukungan penuh dari para Jakmania dan simpatisannya.

Saat ditanya siapakah contoh pengganti ideal Bang Yos untuk menjadi ikon. Richard enggan menyarankan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnawa alias Ahok, mengingat banyak masalah pelik di Jakarta. Namun, Richard menganggap Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat dan Sekda DKI, Saefullah sebenarnya cukup efektif bila dijadikan ikon.

Dalam hal ini artinya brand ataupun ikon penting petinggi Jakarta itu harus disampaikan ke publik supaya khalayak/masyarakat tahu bahwa Persija mendapat dukungan penuh dari para pemimpinnya. Toh, Persija merupakan satu-satunya klub kebanggaan Jakarta. Dan tidak dapat dipungkiri, setiap pertandingan Persija di Jakarta, khususnya lawan tangguh semacam Persib ataupun Persebaya, bakal dihadiri jutaan suporter. Paling tidak ada milyaran uang dari bisnis sepakbola ini, belum lagi dari sponsor. Dan tentunya ini akan menyumbang APBD Jakarta. Namun, sayangnya potensi ini belum dimanfaatkan dengan baik.

Persija dan Jakmania merindukan sosok bang Yos. Bahkan Richard berani bertaruh, siapapun calon Gubernur yang menggaet Persija dan The Jakmania, berpotensi menang di Pilgub DKI Jakarta 2017.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?