Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Pakar ‘Big Data’ dari Telkom, Hangatkan Kampus MM UGM Jakarta

248
image
Foto: jakartakita.com

Jakartakita.com – Ada yang berbeda dengan Kampus MM UGM di Jalan Dr. Saharjo No.83, Jakarta Selatan, pada hari Selasa, 21 April 2015. Pasalnya, kampus yang biasanya lengang di malam hari. Malam ini semarak oleh seminar marketing bertajuk “Big Data in Marketing Mix and Customer Experience”.

Seminar yang digelar oleh Marketing Club dan Entrepreneur Club MM UGM Jakarta ini menghadirkan Komang Budi Aryasa, Big Data Project Director dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, sebagai pembicara.

Komang Budi Aryasa menyampaikan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi internet, pemanfaatan ‘big data’ menjadi tren. Bahkan kini perusahaan-perusahaan besar berlomba-lomba menganggarkan dana besar untuk memanfaatkan ‘big data’ customer experience. Karena pemanfaatan ‘big data’ dalam pembuatan keputusan terbukti mampu meningkatkan finansial perusahaan hingga dua kali lipat.

Pakar ‘big data’ dari Telkom ini menganalogikan ‘big data’ seperti sekumpulan makhluk hidup di lautan lepas. Nelayan harus menjaringnya untuk memanennya. Setelah dijaring, nelayan harus memilah-milah hasil tangkapannya. Sama seperti pemrosesan ‘big data’, memilah-milah data dari samudera data yang luas akan memudahkan dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Hanya bedanya, nelayan akan membuang hasil tangkapan yang tidak bernilai jual, sedangkan seorang data scientiest akan menyimpannya untuk digunakan di kemudian hari.

Meski pemanfaatan ‘big data’ terbilang rumit dan mahal. Namun, Komang Budi Aryasa menegaskan kalau pemanfaatan ‘big data’ bukan hanya monopoli perusahaan besar. UKM bermodal kecil pun bisa asal tahu persis tujuan bisnisnya untuk memudahkan proses identifikasi data yang dibutuhkan. Sedangkan untuk pemrosesan ‘big data’ bisa menggunakan open-source framework seperti hadoop.

Semakin malam, suasana ruang seminar semakin hangat. Para peserta seminar berebut kesempatan untuk bertanya dengan pakar ‘big data’. Namun acara seminar harus berakhir jam 21.00, sesuai dengan jadwal. Para peserta pun memberikan applause yang meriah di penghujung acara.

Sebagai informasi, acara Marketing Insight ini adalah rangkaian acara rutin yang digelar MM UGM Marketing. Setiap seminar selalu menghadirkan pembicara berkualitas yang terdiri dari para praktisi marketing dan CEO perusahaan besar untuk membahas topik yang up-to-date tentang berbagai strategi marketing yang dijalankan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: