Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Underpass Stasiun Manggarai Segera Dibangun

121
Stasiun Manggarai
foto : istimewa

Jakartakita.com – Rencananya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menjadikan stasiun Manggarai sebagai stasiun keberangkatan Kereta Api (KA) bandara. Oleh karena itu, nantinya PT KAI akan membangun underpass sebagai passenger crossing, untuk mempermudah calon penumpang yang ingin menggunakan KA bandara.

“Agar calon penumpang KA tidak bercampur dengan penumpang kereta lain. Jadi nanti Manggarai dedicated KCJ beda peron,” kata Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito, di Jakarta, Senin (20/4/2015).

Dijelaskan, perluasan Manggarai rencananya akan diberlakukan setelah stasiun inti lainnya selesai. Di antaranya yang terjadi di Stasiun Sudirman Baru, Duri dan Batu Ceper sebagai stasiun pemberhentian.

Sekadar informasi, KA Bandara Soetta akan beroperasi dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Bandara Soetta melewati Stasiun Sudirman Baru, Duri dan Batu Ceper sebagai stasiun pemberhentian. Adapun total jarak yang dilintasi adalah sepanjang 36,3 km yang terdiri dari 24,2 km jalur eksisting dan 12,1 km jalur baru.

Pembangunan jalur KA Bandara Soetta ini dilakukan sebagai tindak lanjut Perpres No.83 Tahun 2011 tanggal 24 November 2011 tentang penugasan kepada PT KAI (Persero) untuk Menyelenggarakan Prasarana dan Sarana KA Bandara Soekarno Hatta dan Jalur Lingkar Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi.

Adapun izin pembangunan yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan melalui Surat Keputusan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI No.HK.601/SK.89/DJKA/3/14 tanggal 14 Maret 2014.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: