Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Setelah Nepal, Gempa Besar Berikutnya Diprediksi Akan Terjadi Di Padang

506

gempa di padangJakartakita.com – Para ahli gempa selama bertahun-tahun telah memprediksi akan terjadi nya gempa besar di wilayah Himalaya, antara Nepal dan India.  Gempa Nepal Sabtu lalu, merupakan gempa terbesar dalam siklus 75  tahunan akibat tumbukan lempeng India dan Eurasia.

“Di beberapa tempat, risiko lebih tinggi terjadi pada tumbukan seismik khususnya pada daerah dengan konstruksi bangunan yang rentan,” kata Hari Kumar, Koordinator Regional Asia Selatan untuk GeoHazards Internasional di Delhi, India.

Kumar menyebutkan bahwa kota-kota di Nepal, serta beberapa di India, Pakistan dan Bhutan, berisiko tinggi terhadap bencana serupa karena aktivitas tektonik, sementara minim kesiapsiagaan.

Sementara menurut Brian Tucker, Presiden GeoHazards, dilansir dari Time,  negara Amerika Serikat, Selandia Baru, Jepang, Turki khususnya dan Chili juga dalam risiko tinggi dengan pertemuan lempeng tektonik yang terus bergerak saling menekan.

Namun, negara-negara tersebut telah mengambil langkah-langkah persiapan, baik dari segi infrastruktur bangunan dan mendidik masyarakat terkait mitigasi bencana.

Artikel Terkait
1 daripada 2

Sementara itu daerah yang menurutnya belum siap dalam menghadapi gempa besar adalah seperti di Teheran Iran, Karachi Pakistan, Padang Indonesia dan Lima Peru.

“Jika Anda meminta saya untuk memprediksi di mana gempa besar berikutnya akan terjadi, bukti terkuat adalah di lepas pantai Sumatera,” kata Tucker.

Di balik itu, kondisi bangunan seperti sekolah dan rumah sakit dan bangunan milik swasta harus mengikuti standar keamanan gempa, guna meminimalisasi dampak yang dapatt ditumbulkan dari ancaman tersebut

Peneliti dari Pusat Penelitian Geoteknologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Eko Yulianto menyebutkan jika berbicara soal gempa dan tsunami, maka wilayah Sumatera Barat termasuk salah satu kawasan yang menjadi menjadi prioritas utama.

“Dari dulu kan memang begitu, prediksi pakar banyak yang menyebutkan Sumbar memiliki potensi besar, hanya saja yang perlu diingat, seluruh wilayah Indonesia itu ada megathrust yang dapat memicu gempa besar dan tsunami. Jadi bukan hanya Sumbar saja”tegasnya.


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?
Powered by