Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Operasi Pertama Tim Dokter Indonesia Di Nepal

173
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Tim Indonesia Peduli Nepal (IPN) akan melakukan operasi fraktur (patah tulang) pada Senin pagi ini, tindakan operasi pertama mereja sejak bertugas di Rumah Sakit Kantipur, Nepal, pada Minggu (3/5/2015).

Dengan bantuan dari perawat Indonesia dan lokal, dr. Kuntadi (spesialis tulang), dr. Meiky Fredianto (spesialis tulang), dr. Bona Achmad (spesialis anestesi), dr. Fitra Indragiri (spesialis anestesi) akan mengoperasi pasien asal Shindu Palcok, area perbatasan Nepal dan Tiongkok, yang pergelangan kakinya patah.

“Rumah sakit ini bukan rumah kita jadi kita harus mengikuti prosedur yang sudah ada,” kata dr. Bona.

Perawat lokal yang lancar berbahasa Inggris akan membantu tim dokter Indonesia melakukan operasi bedah tulang.

Dokter Bona mengakui bahasa menjadi kendala utama anggota tim dalam misi kemanusiaan di Nepal, antara lain karena status pasien maupun prosedur layanan kesehatan semuanya ditulis menggunakan aksara Bengali.

Tim dokter Indonesia yang terdiri atas 10 dokter, satu apoteker dan lima perawat telah bekerja di Rumah Sakit Kantipur sejak Minggu, dan telah merawat sembilan pasien, termasuk anak usia 4,5 tahun, kebanyakan karena patah tulang.

Pemerintah Indonesia menunjuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai koordinator bantuan kemanusiaan lintas kementerian dan organisasi sosial-kemasyarakatan untuk membantu rakyat Nepal setelah gempa 7,9 Skala Richter mengguncang negara itu pada 25 April dan menyebabkan lebih dari 7.000 orang tewas. (Sumber: Antara News)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: