Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

BPS : Rasa Pesimis Pengusaha Terhadap Kondisi Bisnis Meningkat

0 582
logo biro pusat statistik
foto : istimewa

Jakartakita.com – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin, mengungkapkan, kondisi bisnis pada kuartal I-2015 mengalami penurunan dibandingkan kuartal sebelumnya. Hal tersebut bisa dilihat dari angka Indeks tendensi bisnis (ITB) pada kuartal I sebesar 96,3 sementara kuartal IV-2014 sebesar 104,07.

“Angka ITB pada kuartal I sebesar 96,3 tersebut mencerminkan penurunan dan rasa pesimis oleh pengusaha terhadap kondisi bisnis,” kata Suryamin, di Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Artikel Terkait
1 daripada 4

Namun demikian, diakuinya, penurunan terjadi pada semua komponen indeks. Sebab, secara keseluruhan menunjukkan penurunan dan berada di bawah 100.

“Terjadi pada 10 lapangan usaha. Tujuh lapangan usaha mengalami peningkatan yang ditunjukkan indeks di atas 100,” kata dia.

Penurunan kondisi bisnis terendah, jelas Suryamin, yaitu sektor pertambangan dan penggalian sebesar 87,16 karena adanya pembatasan ekspor pada sektor tersebut. Sedangkan peningkatan tertinggi terdapat pada lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 106,75.

“Prediksi di kuartal II alami peningkatan itu terjadi pada hampir semua sektor kecuali pertambangan,” tandasnya.

 



Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More