Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia Cara Kerja Situs Penebak Usia “How-old.net”

203

how-old-netJakartakita.com – Belakangan, situs how-old.net mendadak jadi bahan pembicaran di internet secara viral. Hanya dengan bermodalkan foto–terbaru–fitur di situs buatan Microsoft itu bisa menebak umur Anda.

Memang tak semuanya 100 persen akurat, namun beberapa netizen tampaknya asyik-asyik saja. Apalagi kalau tebakan umurnya bisa lebih muda dari umur aslinya.Netizen pun akan dengan bangga memamerkannya di akun jejaring sosial mereka.

Meski situs ini terkesan hanya untuk ‘main-main’. Namun, tim ahli Microsoft membuatnya dengan serius. Untuk memahami cara kerja how-old.net, Anda perlu tahu bahasa teknologi komputer dasar yaitu API (Application Programming Interface), sebuah pemrograman antarmuka yang jadi dasar teknologi situs penebak umur buatan Microsoft ini.

API pada dasarnya adalah seperangkat pengaturan untuk membangun aplikasi perangkat lunak. Untuk situs how-old.net para pengembang, API menggunakan satu set algoritma untuk memproses foto wajah. API ini bertugas mendeteksi wajah pengguna dengan meneliti bagian mata, mulut, alis, hidung dan bibir, serta dimensi wajah. Aplikasi ini kemudian menggunakan karakteristik tersebut kepada pengguna dengan kemampuan mengidentifikasi satu atau sekelompok orang di sebuah foto.

Pembuat How-old.net, Thompson dan Balasubramania mengatakan jika situs ini telah bekerja cukup baik untuk mengidentifikasi jenis kelamin, tetapi masih tidak terlalu akurat dalam menebak umur seseorang. Namun justru hal ini disebut sebagai faktor yang menghibur dari situs ini.

Namun sebelum menggunakan layanan tersebut ada baiknya pengguna memperhatikan aturan main yang ditulis oleh Microsoft. Di situ tertulis bahwa, Microsoft boleh menggunakan seluruh foto yang telah dipublish untuk keperluan apa pun. Ini menegaskan bahwa raksasa sofware itu punya hak atas foto yang diunggah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: