Take a fresh look at your lifestyle.

Atasi Pilek Tanpa Obat? Bisa!

0 1,152

fluJakartakita.com – Ketika memasuki musim pancaroba, cuaca menjadi tak menentu. Terkadang panas, terkadang hujan. Meski intensitas hujan tak sesering di musim penghujan. Namun, musim pancaroba juga menjadi musim penyakit langganan seperti masuk angin, batuk pilek bakal muncul.

Saat pilek memang tubuh menjadi tidak bergairah. Terkadang demam, tak enak badan, lemas semakin melengkapi hidung tersumbat yang diawali dengan bersin-bersin. Banyak orang yang menganggap remeh kondisi ini, namun tidak sedikit orang yang lebih memilih segera meminum beragam obat pilek agar si pilek segera pergi.

Sebetulnya, masuk angin dan batuk pilek pada kondisi normal memang bukan penyakit yang berat. Penderitanya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus meminum obat, asal daya tahan tubuh lekas pulih.

Lantas bagaimana caranya atasi pilek tanpa obat?

Minum banyak air

Di saat pilek, kita wajib minum banyak air putih untuk menjaga diri agar tidak dehidrasi dan mencegah diri dari infeksi bakteri. Banyaknya air yang kita minum juga membantu untuk mengencerkan lendir ingus (mukus).

Banyak istirahat

Istirahat yang cukup dapat memulihkan daya tahan tubuh yang sedang ‘drop’.

Related Posts
1 daripada 1,953

Perbanyak asupan vitamin C

Makanlah buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, strawberry, semangka untuk mempercepat pemulihan daya tahan tubuh.

Kunyah jahe

Mengunyah jahe akan membantu menekan hidung meler. Terlebih, jika Anda Anda suka mengunyah jahe mentah iris halus, tiga kali sehari. Ini adalah obat rumah alami yang sangat efektif.

Makan makanan dan minuman yang hangat

Sup dan teh hangat dapat mengurangi gejala batuk pilek. Panas yang ada menolong melepaskan mukus sehingga lebih mudah dikeluarkan dengan dibatukkan.

Mandi air hangat

Uap panas di kamar mandi juga dapat mengurangi penyumbatan pada hidung.

Tinggalkan komen