Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Takut FBI, Presiden FIFA Enggan Masuk AS

0 1,089
Presiden FIFA, Sepp Blatter
foto : istimewa

Jakartakita.com – Biro Intelejen Federal Amerika Serikat (FBI) memang bertaji. Sebagai bukti, sudah hampir tiga setengah tahun Presiden FIFA, Sepp Blatter, enggan untuk menginjakkan kaki di negara Amerika Serikat.

Menurut media olahraga ESPN, salah satu penyebab hal ini adalah karena ia sedang menghindari penyelidikan FBI terkait korupsi di tubuh FIFA, terkait dengan proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 yang diberikan kepada Rusia dan Qatar.

FIFA sebenarnya melakukan penyelidikan internal tentang tuduhan suap di Piala Dunia tersebut, dengan melibatkan Michael Garcia, seorang pengacara Amerika Serikat.

Artikel Terkait
1 daripada 15

Namun, hingga saat ini FIFA menolak untuk mempublikasikan laporan Garcia dan memilih untuk merilis intisari laporan setebal 42 halaman.

Garcia mengatakan, intisari tersebut justru mengaburkan hasil penyelidikannya dan ia kemudian mengundurkan diri dari Komite Etik FIFA.

Menurut Washington Post, beberapa hal yang tidak dituliskan pada intisari FIFA ditengarai adalah kritik terhadap Blatter dan eksekutif FIFA lain, yang sebelumnya belum pernah menerima kritik.

Penyelidikan FBI bisa membawa implikasi serius kepada pihak-pihak terkait dan bahkan berujung tuntutan hukum. Hal ini yang dikabarkan menjadi alasan Blatter tak mau datang ke Amerika Serikat. Demikian dilaporkan Washington Post, baru-baru ini.
 



Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More