Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Bank Dunia Tawarkan Pendanaan US$ 11 Miliar untuk Indonesia

411

bank dunia - world bank - logoJakartakita.com – Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim menawarkan dukungan kepada Indonesia senilai US$ 11 miliar, untuk pendanaan selama tiga sampai empat tahun ke depan. Ini disampaikan Kim dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia untuk menemui Presiden Joko Widodo.

“Kelompok Bank Dunia berkomitmen untuk membangun kemitraan erat dengan Indonesia, kemitraan yang telah berlangsung selama enam dekade,” kata Kim seperti dikutip melalui laman Bank Dunia, Kamis (21/5/2015). Kantor perwakilan pertama Bank Dunia di luar Washington DC dibuka di Jakarta pada tahun 1968, dan juga merupakan kantor perwakilan terbesar.

Artikel Terkait
1 daripada 6

“Kami ingin mewujudkan salah satu komitmen pendanaan kami yang terbesar di dunia untuk Indonesia melalui kantor perwakilan Jakarta. Kami ingin berbagi dengan Indonesia akan pengetahuan global dan keahlian teknis kami di berbagai sektor seperti energi, kesehatan, pendidikan, ekonomi maritim sampai ke pelayanan masyarakat di daerah,” ucap Kim.

Dari rencana pendanaan sebesar US$ 11 miliar tersebut, senilai US$ 8 miliar akan berasal dari Bank Dunia (International Bank for Reconstruction and Development atau IBRD). Untuk US$ 3 miliar lainnya berasal dari International Finance Corporation (IFC) dan Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA).

Sebagai informasi, angka US$ 8 miliar dari IBRD mencerminkan kenaikan pinjaman kepada Indonesia sebesar 25 persen dari periode empat tahun sebelumnya. IBRD telah memberi pinjaman kepada pemerintah negara-negara berkembang dan negara berpendapatan rendah yang layak kredit. IFC mendanai proyek-proyek investasi, memobilisasi dana di pasar keuangan internasional dan menyediakan jasa konsultasi kepada sektor swasta dan pemerintahan. MIGA menawarkan asuransi resiko politik (garansi) kepada investor dan peminjam.


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?