Take a fresh look at your lifestyle.

Matahari Melintas di Atas Ka’bah, Saatnya Merubah Arah Kiblat!

0 791
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Kemenag Mukhtar Ali menjelaskan bahwa berdasarkan data astronomi, Kamis (28/5/2015), matahari akan melintas tepat di atas Kabah. Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA.

Related Posts
1 daripada 6,875

“Bayang-bayang benda yang berdiri tegak pada tanggal dan jam tersebut akan mengarah tepat ke arah Ka’bah,” kata Mukhtar Ali dalam pernyataannya seperti yang dilansir oleh laman resmi Kementerian Agama, Rabu (27/5/2015).

Menurut Mukhtar, fenomena semacam itu dikenal dengan nama Rashdul Qiblah. Yaitu, ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk ke arah kiblat, yang menjadi panduan umat muslim untuk mengerjakan salat.

Seiring dengan fenomen alam tersebut, Mukhtar mengatakan, momen-momen inilah yang tepat bagi umat muslim dan pengurus takmir masjid atau musala di seluruh Indonesia untuk memverifikasi kesesuaian arah kiblatnya masing-masing. Praktisnya, Anda bisa mengunduh kompas digital di smartphone Anda.

Tinggalkan komen