Take a fresh look at your lifestyle.

Dampak Panjang Skorsing FIFA untuk PSSI

0 727

pssiJakartakita.com – Komite Eksekutif FIFA mengambil keputusan untuk menskorsing PSSI pada tanggal 30 Mei 2015 sebagai dampak pelanggaran serius Pasal 13 dan 17 dari Statuta FIFA, yaitu adanya campur tangan pemerintah berkepanjangan dalam urusan asosiasi.

Akibatnya, semua klub Indonesia dan tim nasional dilarang mengambil bagian dalam kompetisi AFC dan FIFA. Namun, Komite Eksekutif FIFA memberi kesempatan kepada tim nasional U-23 Indonesia untuk melanjutkan partisipasi mereka dalam SEA Games 2015 di Singapura.

Berikut sanksi lengkap FIFA yang dijatuhkan kepada PSSI, seperti dilansir situs resmi AFC Rabu (3/6/2015):

FIFA World Cup Rusia 2018 dan Piala Asia UEA 2019

Indonesia berada di Grup F, tetapi sekarang telah dikeluarkan dari kompetisi. Semua pertandingan Indonesia yang dijadwalkan, termasuk pada Juni 2015 (Cina Taipei vs Indonesia pada tanggal 11 Juni dan Indonesia vs Irak pada 16 Juni), telah dibatalkan.

AFC U-16 dan AFC U-19 Championship Kualifikasi

Indonesia telah dihapus dari daftar peserta di kompetisi ini dan tidak akan mengambil bagian dalam undian pada tanggal 5 Juni. Mekanisme pengundian telah diperbaharui dan dikirim ke tim yang berpartisipasi. Karena penghapusan berlangsung sebelum undian, perubahan tersebut tidak mempengaruhi jumlah kelompok dalam kompetisi.

AFC U-14 Girls ‘Regional Championship

Related Posts
1 daripada 3,595

Indonesia telah dikeluarkan dari Grup A, yang berarti baik Grup A dan Grup B tinggal memiliki empat tim yang berpartisipasi. Perubahan ini akan mempengaruhi tanggal dimulainya kompetisi untuk tim di Grup A, yang sekarang 23 Juni (sebelumnya 20 Juni). Tanggal dimulainya kompetisi untuk tim di Grup B tetap tidak berubah.

Futsal Championship AFC Wanita Malaysia 2015

Indonesia telah dihapus dari daftar peserta dan mekanisme pengundian akan diperbarui. Namun, jumlah kelompok tidak terpengaruh.

AFC Futsal Championship 2016 Qualifiers (Zona ASEAN – AFF Futsal Championship)

Indonesia awalnya ditunjuk sebagai tuan rumah kompetisi kualifikasi ini. AFF telah diberitahu bahwa tuan rumah baru akan diperlukan. Skorsing yang dijatuhkan kepada Indonesia dalam keikutsertaan kompetisi ini berarti juga tim Merah Putih tidak dapat mengikuti AFC Futsal Championship Uzbekistan 2016, yang juga berfungsi sebagai kualifikasi Piala Dunia Futsal FIFA.

AFC Cup 2015

Dua klub Indonesia yang lolos ke babak 16 besar seharusnya turut memainkan laga pada tanggal 26 dan 27 Mei 2015. Namun, pertandingan Persipura Jayapura vs Pahang FA dari Malaysia tidak dimainkan karena tiga pemain dari Pahang FA gagal untuk menerima visa masuk ke Indonesia. Keputusan Komite Eksekutif AFC mengenai hal ini akan dikomunikasikan pada waktunya. Persib Bandung telah tersingkir dari kompetisi pada 27 Mei 2015.

Pengembangan

Selama PSSI diskorsing, sepakbola Indonesia juga tidak akan dapat mengikuti setiap program pengembangan AFC dan FIFA. Pejabat PSSI tidak diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam kursus pelatihan, seminar, atau lokakarya AFC atau FIFA.

Tinggalkan komen