Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Di Tempat Ini, Penggunaan ‘Tongsis’ Dilarang Keras

0 896

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Belakangan ini seiring dengan semakin menjamurnya ponsel pintar berkamera, Selfie dan tongsis menjadi aktivitas yang tak terpisahkan dari masyarakat modern yang doyan eksis di media sosial. Namun hati-hati karena tidak semua tempat memperbolehkan penggunaan tongsis. Salah-salah malah bisa dipenjara. Aduh!

Artikel Terkait
1 daripada 7

Tidak sedikit traveler yang menggunakan tongsis untuk memotret saat liburan. Banyak juga yang selfie selama traveling. Tapi sayangnya tidak banyak yang tahu kalau tujuan populer di negara tertentu melarang turis menggunakan tongkat selfie. Selain mengganggu kenyamanan, tongkat selfie dianggap berbahaya.

Mau tahu negara mana saja yang melarang turis berfoto sambil menggunakan tongsis? Berikut daftarnya: 

1. Korea Selatan

Desember lalu, Korea Selatan baru saja mengeluarkan larangan penggunaan tongsis. Seperti dikutip dari AFP, tongsis dianggap bisa mengacaukan sinyal sehingga mengganggu radio polisi atau bahkan pesawat. 

Hanya tongsis bersertifikat aman saja yang bisa digunakan di negara ini. Pemerintah Korea Selatan bakal mengganjar mereka yang melanggar aturan penggunaan tongsis ini dengan penjara 3 tahun.

2. Pantai Garoupe, Prancis

Beberapa negara memiliki pantai yang indah, salah satunya Perancis. Dengan sejumlah pantai yang indah melapisi French Riviera, maka sangat menyenangkan mengabadikan sejumlah momen dengan berfoto selfie. Namun, turis harus berpikir dua kali untuk menggunakan tongkat selfie di wilayah Pantai Garoupe, Perancis.

Pada puncak liburan, petugas keamanan khusus akan berkeliaran di pantai untuk mencari tongkat selfie (tongsis) di zona tertentu. Selain itu, banyak tertulis larangan untuk menggunakan tongsis di sejumlah titik di Pantai Garoupe.

3. California, AS

Banyaknya pengunjung yang ingin selfie dengan latar belakang beruang membuat pihak pengurusan Lake Tahoe mengeluarkan imbauan baru. Mereka kini melarang traveler untuk selfie dengan para hewan, terutama beruang, demikian ditengok dari situs resminya. Karena tingkah beruang tak bisa ditebak dan dengan tindakan selfie ini bisa dianggap mengusik hewan tersebut. Alhasis tongsis menjadi terlarang di tempat ini.

4. Mekkah di Arab Saudi

Sebenarnya memotret di kota suci Mekkah tidak dilarang. Namun, penggunaan tongsis unPara ulama di Mekkah mengatakan, mengambil gambar bukan tidak diperbolehkan, tetapi bisa mengganggu kenyamanan peziarah lain. Karena itu, petugas keamanan mengambil sejumlah langkah untuk mencegah cedera pada peziarah lain. Dengan begitu, tongsis diminta untuk ditinggalkan.

5. Sistine Chapel di Vatican City

Sistine Chapel, Vatican City adalah salah satu tempat yang paling fotogenik di Roma. Meski begitu, banyak turis tidak tahu bila berfoto menggunakan tongkat selfie dilarang di sini. Banyak turis yang akhirnya memilih pulang karena dilarang berfoto selfie menggunakan tongkat.

Pantai Garaoupe di Perancis

.

6. New York, AS

Satu lagi tempat yang melarang pengunjungnya selfie adalah di New York. Namun tidak di semua tempat melainkan di tempat yang dianggap bahaya. Salah satunya adalah di kebun binatang atau sejenis taman safari.

Pihak pemerintah New York tidak main-main dengan peraturan ini. Karena ada denda yang harus dibayarkan jika para pengunjungnya melanggar peraturan. Setidaknya mereka yang melanggar harus membayar USD 500-1.000 (Rp 6,2-12,4 juta).

7. Pamplona, Spanyol

Semenjak ada kasus peserta hampir terluka akibat selfie dengan banteng, pihak penyelenggara festival pun membuat peraturan baru. Kini, tak ada yan boleh selfie selama menjadi peserta di Pamplona Festival.

Festival berbahaya ini melibatkan beberapa banteng dan ribuan orang berpakaian putih merah yang mengejar atau dikejar banteng ke sekeliling Pamplona, Spanyol. Saat belum ada tren selfie, ada saja peserta yang terluka.

Nah kini, kemungkinan peserta terluka lebih besar karena mementingkan selfie dibanding menyelamatkan diri. Tahun lalu, peserta yang selfie sesaat banteng dilepas harus membayar denda sebesar USD 4.500 atau yang setara dengan Rp 56 juta.

Sejumlah museum di dunia melarang pengunjungnya membawa masuk tongkat selfie. Museum-museum tersebut adalah Smithsonian di Washington DC, The Louvre di Paris, The Metropolitan Museum of Art di New York, dan Van Gough Museum di Amsterdam.

Larangan membawa tongkat selfie di museum ini bertujuan untuk melindungi koleksi. Pengunjung yang ceroboh bisa merusak sebuah karya seni tak ternilai, karena tongkat selfie sangat jauh jangkauannya.

Karenanya, banyak pengunjung yang harus gigit jari akibat diusir petugas keamanan museum. Oleh karena itu, sebaiknya turis meninggalkan tongkat selfie di hotel atau penginapan ketika mengunjungi museum.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More