Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ini Dia 3 Ide Paling Brilian untuk Jakarta Versi Jakarta Urban Challenge

0 643
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang. Akhirnya tiga ide paling brilian untuk Jakarta berhasil memenangkan ajang kompetisi Jakarta Urban Challenge yang digelar oleh New Cities Summit terpilih. Tiga ide tersebut adalah Squee Mobile App. Disusul kemudian oleh Jalan Aman dan Cyclist Urban System. Perhelatan ini dibidani oleh New Cities Foundation dan digelar bersamaan dengan New Cities Summit Jakarta 2015.

Ketiga tim innovator itu memenangkan total 20.000 dollar Amerika Serikat. Pemenang pertama mendapatkan hadiah 10.000 dollar Amerika Serikat, pemenang kedua 6.000 dollar dan ketiga mendapatkan 4.000 dollar Amerika Serikat. Hadiah yang disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (AHok) dan pemenang nobel Muhammad Yunus, nantinya akan digunakan untuk memulai proyek yang mereka menangkan di Jakarta.

Artikel Terkait
1 daripada 190

Squee Mobile App sebagai pemenang pertama Jakarta Urban Challenge. Kelompok ini meluncurkan sebuah aplikasi pemberi saran rute perjalanan yang lebih singkat dan bebas kendaraan bermotor bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda. Nantinya, kendaraan-kendaraan bermotor ini juga bisa diarahkan melewati kampung-kampung perkotaan Jakarta.

Pemenenang kedua ditempati oleh kelompok Jalan Aman (Safe Passage) yang mengeluarkan aplikasi mobile berfokus pada keamanan dari komuter wanita di Ibu Kota. Mereka juga dapat berbagi informasi mengenai lokasi dan melapor bila mengalami tindak kejahatan kepada sesama pengguna.

Pemenang ketiga jatuh kepada Cyclist Urban System. Kelompok ini meluncurkan aplikasi bagi pengendara sepeda di Jakarta, di mana mereka dapat memarkir sepedanya, berganti pakaian, membeli minuman, memperbaiki sepeda, informasi rute dan masih banyak lagi

Acara yang digelar oleh New Cities Foundation bekerjasama dengan Connect4Climate ini sudah menjaring lebih dari 200 tim yang mengirimkan proposalnya kepada panitia. Melalui penilaian yang ketat, tersaringlah ketiga finalis yang kemudian lewat serangkaian tes, termasuk pemaparan di hadapan peserta New Cities Summit dan tanya jawab langsung dengan tim juri, dipilih menjadi pemenang pertama, kedua, dan ketiga.

Adapun penjurian dilakukan oleh tim dari New Cities Foundation dan Connect4Climate. Mereka terdiri dari Country Manager International Finance Corporation Yuan Xu, Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan DKI Sarwo Handayani, Ketua New Cities Foundation John Rossant, Deputi Gubernur untuk Industri, Perdagangan dan Transportasi DKI Sutanto Soehodho, Kepala Deputi Metropolitan Kompas Muda Neli Triana serta Pemenang Nobel Perdamaian dan Pendiri Grameen Bank Muhammad Yunus.



Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More