Take a fresh look at your lifestyle.

Menteri Agama: Ormas Tidak Boleh Sweeping – Sweeping Pada Saat Ramadhan

0 925
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama RI mengimbau kepada organisasi-organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk tidak melakukan razia warung makan yang buka pada siang hari selama bulan puasa.

“Kami disini berharap tidak ada ormas yang sweeping, seperti pada bulan puasa sebelumnya,” tegasnya usai menghadiri deklarasi Komitmen Kementerian Agama Berintegritas di Senayan, Jakarta, pada hari Senin (15/6/2015).

Ia mengatakan bahwa masyarakat Indonesia kini sudah semakin dewasa, jadi tidak perlu untuk melakukan aksi-aksi yang kurang simpatik, yang malah mencoleng nama besar Islam itu sendiri. Ia menegaskan, agar tindakan – tindakan memaksa, mengintimidasi, pemilik sampai berujung penutupan warung makan saat puasa, tidak terjadi kedepannya.

Related Posts
1 daripada 5,388

“Kita harus menjadi umat Islam yang dewasa, semakin hari harus semakin baik. Hindari kekerasan itu cerminan agama kita yang sesungguhnya,” paparnya.

Lukman, pada kesempatan ini pun mengatakan bahwa sebaiknya umat Islam menghormati orang yang sedang tidak berpuasa atau tidak wajib berpuasa.

“Tindakan sweeping itu cerminan tidak menghormati oran lain. Ada juga kok beberapa dari Muslim yang tidak berpuasa. Tidak semua puasa, mereka itu semua pun harus kita hormati,” ungkapnya.

“Kita serahkan kepada kearifan masyarakat, terkait permasalahan rumah makan yang buka di siang hari pada bulan puasa. Yang jelas dan ditekankan disini, tidak perlu ada aturan khusus dan paksaan,” tutupnya.

Tinggalkan komen