Take a fresh look at your lifestyle.

“Hymn to Creation”, Lagu Tertua di Dunia

0 1,751
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Tak banyak yang tahu kalau simbol atau notasi balok untuk mencatat musik adalah buatan orang-orang Yunani kuno. Sejak ribuan tahun silam bangsa Yunani sudah bisa menulis notasi musik sendiri.

Related Posts
1 daripada 3,730

Seperti dilansir dari National Geographic Indonesia, lagu tertua di dunia adalah “Hymn to Creation”. Menurut Trevor Homer dalam bukunya, The Book of Origin, notasi lagu tersebut ditulis dalam bahasa cuneiform.

Cuneiform merupakan bahasa tulis pertama dalam sejarah manusia yang digunakan oleh bangsa Sumeria di tenggara Mesopotamia, 5.000 tahun yang lalu. Himne Suriah itu sendiri dibuat 3.400-4.000 tahun silam.

Tentu saja notasi musik pada ribuan tahun lalu tidak seperti notasi musik yang kita ketahui sekarang. Notasi musik yang dikenal dengan not balok baru diciptakan oleh Boethius yang hidup pada tahun 470-525 Masehi. Sejak saat itu, musik semakin dikenal luas oleh masyarakat.

Pertunjukan orkestra pertama kali digelar pada tahun 1615. Pertunjukan musik tersebut memepersembahkan karya musisi Giovanni Gabrieli berjudul Sacrae Symphoniae.

 

Tinggalkan komen