Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

“Hymn to Creation”, Lagu Tertua di Dunia

0 1,419

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Tak banyak yang tahu kalau simbol atau notasi balok untuk mencatat musik adalah buatan orang-orang Yunani kuno. Sejak ribuan tahun silam bangsa Yunani sudah bisa menulis notasi musik sendiri.

Artikel Terkait
1 daripada 5

Seperti dilansir dari National Geographic Indonesia, lagu tertua di dunia adalah “Hymn to Creation”. Menurut Trevor Homer dalam bukunya, The Book of Origin, notasi lagu tersebut ditulis dalam bahasa cuneiform.

Cuneiform merupakan bahasa tulis pertama dalam sejarah manusia yang digunakan oleh bangsa Sumeria di tenggara Mesopotamia, 5.000 tahun yang lalu. Himne Suriah itu sendiri dibuat 3.400-4.000 tahun silam.

Tentu saja notasi musik pada ribuan tahun lalu tidak seperti notasi musik yang kita ketahui sekarang. Notasi musik yang dikenal dengan not balok baru diciptakan oleh Boethius yang hidup pada tahun 470-525 Masehi. Sejak saat itu, musik semakin dikenal luas oleh masyarakat.

Pertunjukan orkestra pertama kali digelar pada tahun 1615. Pertunjukan musik tersebut memepersembahkan karya musisi Giovanni Gabrieli berjudul Sacrae Symphoniae.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?