Take a fresh look at your lifestyle.

Ngabuburit? Yuk, Berburu Takjil di Sini!

2 1,804
foto: istimewa
foto: istimewa
Related Posts
1 daripada 408

Jakartakita.com – Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu seluruh umat muslim sedunia. Selain ditunggu-tunggu karena penuh dengan berkah dan rahmat, bulan Ramadhan juga dinanti-nanti karena banyak sekali kuliner khas yang dengan mudah didapatkan di bulan ini.

 

Sore menjelang waktu berbuka, adalah waktu yang paling seru untuk ‘ngabuburit’, sekadar jalan sore sambil berburu takjil. Walaupun selama bulan Ramadhan pasar-pasar kaget yang menjual aneka takjil bermunculan di mana-mana. Namun, sebagai warga Jakarta, Anda perlu tahu lokasi-lokasi berburu takjil paling populer se antero Jakarta. Mau tahu dimana saja?

Pasar Benhil
Tempatnya yang sangat strategis, membuat pasar ini selalu menjadi tempat favorit untuk mencari makanan dan minuman untuk buka puasa. Tempat berjualan takjil di pasar Benhil berbentuk tenda yang cukup besar dan memakan setengah badan jalan. Jadi, jangan heran jika menjelang berbuka, jalanan sekitar pasar ini macet luar biasa.

Salah satu makanan khas buka puasa yang banyak dijual di tempat tersebut adalah bubur kampium, lemang tapai, bubur sumsum, kolak pisang, biji salak, serabi dan gorengan.  Tak hanya takjil di sini tersedia aneka lauk khas Minang, Sumatera Barat, ikan bakar, gudeg.  Harganya yang sangat terjangkau membuat banyak pengunjung yang datang.

Tenda takjil Pasar Benhil, buka dari jam 11.00 WIB hingga jam 18.00 WIB. Selama Ramadhan tenda akan buka dan tutup saat malam takbiran. Jadi, buat Anda yang ingin mencari jajanan untuk buka puasa, atau mencari kue untuk Idul Fitri, tempat ini bisa menjadi pilihan.

Masjid Sunda Kelapa
Jika anda berada di seputaran Jakarta Pusat, ada baiknya jika singgah di Masjid Sunda Kelapa, Menteng. Di sekitar masjid tersebut banyak dijumpai berbagai penjual menu makanan untuk berbuka puasa. Mulai dari kolak, sate ayam, kue-kue basah hingga es. Sementara di pekarangan Masjid tersebut, terdapat pula Bazaar Ramadan yang menjual aneka macam takjil, mulai dari gorengan, puding susu, kolak serta es buah.

Pasar Tumpah Jalan Panjang

Pasar Tumpah di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Tiap tahunnya, khususnya di bulan Ramadhan akan dipenuhi pedagang kaki lima yang mencoba peruntungan dengan berjualan menu berbuka puasa. Para pedagang pasar tumpah ini biasanya mulai menjajakan dagangannya sejak pukul 14.00 WIB atau dua siang hingga tujuh malam.

Anda dapat menemui berbagai jajanan menu berbuka puasa yang beragam. Bubur kampiun, bubur mutiara, bubur sumsum, dan biji salak biasanya menjadi jajanan yang paling banyak diburu pembeli.

Masjid Pondok Indah
Tak kalah dengan masjid Sunda Kelapa di Jakarta Pusat. Selama bulan Ramadhan, masjid Pondok Indah di bilangan Jakarta Selatan juga merupakan surga berburu takjil. Aneka kuliner khas Ramadhan di jual di sini. Harganya pun tidak membuat kantong bolong.

Mau makan besar selepas shalat maghrib? Bisa! Karena di bazaar ini juga menjual aneka makanan berat dari bakso, sate padang, dan makanan lainnya yang bisa mengenyangkan perut Anda yang keroncongan.

Kramat Raya
Bila Anda senang dengan serba-serbi kuliner khas Minang, Sumatera Barat, ada baiknya datang ke kawasan Senen, Jakarta Pusat, tepatnya Jalan Kramat Raya, di samping gedung bioskop Senen. Di sini, lidah Anda akan dimanjakan dengan nasi kapau, beserta lauk pauknya yang menggoda, bubur kampiun, lamang tapai, serta srikaya telur. Dijamin lidah dan perut Anda akan terpuaskan oleh kuliner khas Minang.

 

Tunjukkan Komen (2)