Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Banyak Yang Pensiun, Indonesia Bakal Kekurangan Guru SD dan SMP

0 913

Tiket Pesawat Murah Airy

guru - ilustrasi
foto : istimewa

Jakartakita.com – Selain menghadapi masalah soal kelayakan Ujian Nasional, pendidikan di Indonesia juga punya masalah lain yang tidak kalah peliknya, yaitu soal ketersediaan guru pengajar.

Kepala Seksi Penyusunan Program Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Ditjen Dikdas Kemdikbud, Tagor Alamsyah Harahap, Rabu (24/6/2015) di Jakarta, mengungkapkan bahwa Indonesia bakal mengalami kekurangan stok guru lantaran banyaknya guru yang memasuki masa pensiun di tahun 2015 ini.

Artikel Terkait
1 daripada 5

“Tahun ini sebanyak 26.000 guru se-Indonesia akan pensiun. Sampai saat ini belum ada persiapan, siapa yang akan menggantikannya,” kata Tagor.

Dijelaskan, guru yang pensiun tersebut terdiri dari guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Adapun provinsi yang paling banyak guru pensiunnya adalah Jawa Barat.

Menyikapi kondisi tersebut, pakar pendidikan, Muhdi mengatakan ledakan pensiun atau pensiun guru dalam jumlah besar-besaran terutama guru SD sebenarnya sudah terjadi sejak 2012 lalu, dan akan berlangsung sampai 2018-2020. Hal tersebut berkaitan dengan penggalakan SD-SD Inpres di berbagai wilayah pada era tahun 1970 lalu.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More