Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

K-Food Fair Indonesia 2015 Di Gelar Dua Hari di Jakarta

528

KoreaFoodFairJakartakita.com – Korean Ministry of Agriculture, Food and Rural Affairs (MAFRA) didukung oleh aT (Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation) kembali menggelar acara K-Food Fair Indonesia 2015.

Tahun 2015 ini, K-Food Fair Indonesia 2015 terbagi dalam dua bagian dan diadakan di dua lokasi yang berbeda.

Gelaran acara K-Food Fair di hari pertama dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Oktober 2015, dibuka dengan Business-to-Business (B2B) Export Consultation Meeting dan K-Food Halal Seminar di Hotel Mulia Jakarta. Tercatat, sebanyak 19 perusahaan makanan Korea dan 70 food buyers dari Indonesia menghadiri ajang B2B K-Food Fair ini.

Sementara di hari Sabtu-Minggu, 17-18 Oktober 2015, masyarakat luas dapat menikmati beragam varian makanan Korea sambil menikmati pertunjukan khas negara Korea di Mal Kota Kasablanka.

Jae Su Kim, President aT (Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation) mengatakan, saat ini makanan Korea banyak disukai masyarakat dari berbagai bangsa karena memiliki rasa dan penyajian yang khas serta terbuat dari bahan baku yang baik untuk kesehatan tubuh. Ia juga bertutur tentang keinginan mereka untuk menyesuaikan diri dengan budaya setempat.

“Saat melakukan penetrasi ke pasar bisnis Indonesia, kami paham bahwa 87 persen dari penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam. Untuk itu kami berusaha sebaik mungkin agar dapat menyajikan ragam makanan yang halal sehingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia tanpa perlu ada rasa khawatir,” kata Jae Su Kim, disela-sela kegiatan acara di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (16/10/2015).

“Berbagi informasi tentang sertifikasi halal membuat semua pihak terkait lebih memahami makna halal yang sesungguhnya. Sehingga akhirnya mereka dapat menerapkannya secara lebih baik,” sambung General Director of Export Business Office of aT, Jin Seok Baek.

KoreaFoodFair2
foto : ikung adiwar

Ajang Global

Acara K-Food Fair tahun 2015 ini digelar secara global. Malaysia adalah negara pertama yang berkesempatan menggelar acara K-Food Fair di bulan Agustus 2015 silam. Disusul oleh Jakarta (Indonesia) di bulan Oktober 2015 ini. Setelah Jakarta, acara serupa juga juga akan berlanjut di Dubai (Uni Emirat Arab).

Di Jakarta sendiri, K-Food Fair kali ini juga sekaligus menjadi penanda terjalinnya hubungan baik antara Korea dan Indonesia selama 42 tahun. Untuk itu sebagai bagian dari upacara pembukaan di mal Kota Kasablanka, para pengunjung juga diajak untuk turut serta menyaksikan proses pembuatan kimbab sepanjang 42 meter.

“Kimbab sengaja dipilih agar masyarakat luas paham bahwa makanan Korea memiliki banyak variasi yang dapat disesuaikan dengan daerah asal dan musim,” ungkap Jae Su Kim.

Asal tahu saja, Kimbab merupakan salah satu makanan wajib bagi masyarakat Korea. Terbuat dari nasi dibalut rumput laut kering dengan isi bervariasi, kimbab biasa dikonsumsi pada saat piknik atau sebagai pengganti makan siang ringan.

Sebagai bagian dari rangkaian acara, para pengunjung juga bisa menyaksikan kelas memasak kimbab, mencoba berbagai macam makanan khas Korea, serta mengunjungi booth khusus yang menyajikan makanan Korea dengan sertifikasi halal.

Tak melulu soal makanan, bagi pengunjung yang tertarik untuk mencari tahu tentang budaya Korea bisa menyaksikan pertunjukan martial art, mencoba pakaian tradisional Hanbok serta mempelajari seni melipat kertas.

“Kami paham bahwa setiap daerah memiliki makanan khas tersendiri yang telah disesuaikan dengan lidah dari masing-masing masyarakatnya. Namun kami berharap agar melalui K-Food Fair 2015 ini masyarakat Indonesia dapat lebih mencintai makanan Korea yang telah disiapkan dengan cara yang aman dan higienis,” imbuh Jae Su Kim.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang K-Food Fair 2015, masyarakat bisa mengunjungi situs www.kfoodfair2015.com.

 


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?