Take a fresh look at your lifestyle.

Pantau Bus Transjakarta Lewat Go-Busway dan Qlue Transit

0 1,179

Posisi Real Time TransjakartaJakartakita.com – Dalam rangka meningkatkan layanan transportasi di ibukota, khususnya bus Transjakarta. Pemprov DKI Jakarta meluncurkan aplikasi yang merupakan kerja sama BUMD yakni PT. Transjakarta dengan tiga perusahaan teknologi informasi yakni PT. Telekomunikasi Indonesia, PT. Gojek Indonesia, dan PT. Terralogiq.

Aplikasi ini memungkinkan warga Jakarta memantau mobilitas bus Transjakarta secara online. Artinya lewat aplikasi tersebut masyarakat dapat diberikan informasi detil tentang bus yang ingin dinaiki.

Untuk perusahaan Telkom, Transjakarta bekerja sama untuk memantau secara detil lewat Operation Control Center di kantor pusat Transjakarta. Dengan pengadaan infrastruktur, jaringan dan On Boar Unit membuat bus Transjakarta dapat dipantau langsung operasi di lapangan. Sistem monitoring ini terintegrasi dengan platform Jakarta Smartcity milik Pemprov DKI Jakarta.

Sementara bersama Go-Jek, diluncurkan aplikasi bernama Go-Busway. Fitur Go-Busway dapat digunakan untuk melacak nomor dan arah bus Transjakarta secara real time. Selain itu masyarakat bisa mendapatkan informasi estimasi waktu kedatangan bus Transjakarta di tiap-tiap halte Transjakarta.

Related Posts
1 daripada 4,931

Sementara untuk Qlue, perusahaan pengembangnya meluncurkan Qlue Transit. Dengan menggunakan Qlue Transit, masyarakat bisa mengetahui posisi dan kondisi kepadatan penumpang di dalam bus serta halte Transjakarta di seluruh wilayah Jakarta.

Pada tahap awal, fitur Go-Busway dan Qlue Transit baru tersedia dalam versi beta di platform Android. Selain itu baru dapat dioperasikan untuk live tracking dari koridor 1,2,6,8,9,10,11, dan 12. Sebanyak 542 bus Transjakarta sudah dipasang GPS sebagai alat pemantau.

Kedepannya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga bakal menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk bergabung dalam aplikasi Qlue Transit. Dengan demikian, kereta dapat terintegrasi dengan moda transportasi massal lainnya. 

Tinggalkan komen