Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Penyebab Banjir Jakarta Versi Ahok

0 1,477
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Setiap musim hujan tiba, ibukota Jakarta selalu jadi langganan banjir. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebut beberapa penyebab terjadinya banjir di Ibu Kota kepada wartawan di Balai Kota, Senin (9/11/2015).

Penyebab pertama masih banyaknya bangunan liar yang berdiri di atas saluran air. Selain itu, banyak bangunan semipermanen berdiri di atas saluran penghubung.

Related Posts
1 daripada 5,450

Kemudian, penyebab kedua ialah banyaknya bongkar trotoar secara ilegal. Tak hanya itu, lanjut dia, banyak pembangunan trotoar yang dilakukan tidak melihat drainase di bawahnya. Hal itu menyebabkan saluran air terhambat dan menyebabkan genangan.

Ahok mencontohkan kasus banjir di kawasan Pluit Jakarta Utara, pada Sabtu (7/11/2015) lalu. Sebelumnya dia heran bagaimana mungkin kawasan Pluit kebanjiran padahal tinggi muka air Waduk Pluit saat diguyur hujan juga rendah. Ternyata setelah dicek,   banjir disebabkan banyaknya galian fiber optik.

Ahok berjanji bakal berusaha keras untuk sedikit demi sedikit membereskan penyebab banjir di Jakarta sebelum puncak musim hujan datang pada Januari-Februari 2016 mendatang.

Tinggalkan komen