Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Kursus Online Sebagai Terobosan Pendidikan di Era Digital

0 817

Tiket Pesawat Murah Airy

IndonesiaX
foto : dok. IndonesiaX

Jakartakita.com – IndonesiaX, platform kursus online terbuka besar-besaran atau massive open online course (MOOC) kembali mengadakan Meetup, kali ini di Manado Town Square 3, Rabu (18/11/2015). Dalam Meetup ini, IndonesiaX mengadakan talk show berjudul ‘Education in the Digital Age’.

Talk show ini menghadirkan pembicara Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA; Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA; dan Rektor Universitas Negeri Manado Prof. Dr. Philoteus E A Tuerah, M.Si, DEA. Sebagai moderator, CEO dan Presiden Direktur IndonesiaX, Lucyanna Mangoendipoero Pandjaitan.

Di hari yang sama, IndonesiaX juga meluncurkan mobile application bernama IndonesiaX yang dapat diunduh di sistem operasi iOS. Mobile application ini dapat diperoleh dengan mengunduh dari App Store atau mengklik tautan https://appsto.re/ke/T2PX-.i.

Sebelumnya, mobile application ini hanya dapat digunakan oleh handphone bersistem operasi Android dengan mengunduh dariGoogle Play Store atau mengklik tautan https://play.google.com/store/apps/details?id=org.indonesiax.mobile.

Dengan demikian, para pengguna dapat mengikuti kursus dengan nyaman dengan perangkat handphone berbasis iOS dan Android.

Mohammad Nuh mengatakan, setiap era kesejarahan memiliki arus utama (mainstream) dalam ‘life style’ tersendiri, termasuk ‘education lifestyle’.

“Kalau kita tidak mengikuti ‘life style’ tersebut, kita akan menjadi kelompok terasing dan kedaluwarsa (expired). Di era informasi seperti sekarang ini, tentu explorasi kekuatan berbasis IT, seperti MOOC menjadi bagian dari education style di era informasi. Manfaatkan ketersediaan dan keberadaan MOOC, seperti IndonesiaX, agar kita tidak menjadi generasi kedaluwarsa (expired generation),” ujar Nuh.

Artikel Terkait
1 daripada 28

Sementara itu, Ellen Joan Kumaat memandang kehadiran teknologi digital dalam pendidikan, khususnya  pendidikan tinggi, mempermudah transformasi dalam sistem penyelenggaraan pembelajaran dari yang sebelumnya cenderung “teacher-centred learning” ke arah “student-centred learning”.

“Generasi muda yang notabene lebih responsif terhadap perkembangan teknologi ini, akan mudah untuk terlibat secara aktif sehingga memungkinkan peningkatan kemandirian dan tanggung jawab dalam proses pendidikan mereka,” kata Ellen.

Adapun Philoteus E A Tuerah, menjelaskan bahwa program pendidikan digital sangat bermanfaat sebab teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi produk massal. Hal ini dapat dilihat dari keberadaan Internet dan handphone yang dimiliki masyarakat hingga ke pelosok.

“Bayangkan bila teknologi digunakan untuk pendidikan jarak jauh. Orang-orang di wilayah sangat terpencil pun, asalkan memiliki akses Internet, bisa tersambung dengan guru-guru terbaik di negeri. Dipihak lain guru yang diwajibkan untuk kuliah, tidak perlu meninggalkan anak didik, langsung bisa mengikuti kuliah lewat teknologi tersebut,” papar Philoteus.

Sertifikat IndonesiaX
foto : dok. IndonesiaX

Dalam kesempatan yang sama, IndonesiaX sekaligus memberikan sertifikat kepada perwakilan siswa dari Sulawesi Utara yang telah berhasil menyelesaikan MOOC IndonesiaX. Sertifikat IndonesiaX ini dapat berguna untuk memperkuat portofolio para siswa ketika melamar kerja atau melanjutkan studi.

Lucyanna mengucapkan selamat kepada para penerima sertifikat. Dijelaskan, kehadiran IndonesiaX bertujuan mendemokratisasi pendidikan melalui cara baru yang revolusioner yaitu pembelajaran online yang dikenal dengan massive open online course (MOOC).

“IndonesiaX terus berupaya untuk memudahkan siswa di pelosok manapun di Tanah Air untuk mendapatkan kesempatan belajar dari dosen ternama dan pimpinan perusahaan terbaik di negeri ini. Peluncuran iOS dan sebelumnya Android application adalah salah satu usaha yang telah kami lakukan yang akan segera diikuti oleh metode lain untuk memperluas akses maupun membuatnya lebih ekonomis,” kata Lucyanna.

Asal tahu saja, MOOC gratis di www.indonesiax.co.id adalah satu terobosan pendidikan di era digital. Melalui kursus online ini, masyarakat dapat mengakses pendidikan berkualitas dari universitas dan perusahaan terbaik di Indonesia, bahkan dari perguruan tinggi berkelas dunia.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?