Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ahok Bakal Perpanjang Transjakarta Hingga Bekasi

0 535

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan keinginannya agar moda transportasi TransJakarta, bisa beroperasi tidak hanya di Jakarta, namun hingga kota-kota penyangga seperti Tangerang dan Bekasi.

Ahok, sapaan akrab Basuki, mengatakan hal tersebut akan membantu warga kota penyangga. Untuk tiba di Jakarta, misalnya untuk bekerja, mereka tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi yang besar.

Berbeda dengan moda transportasi TransJabodetabek, Ahok mengatakan, TransJakarta bisa menerapkan tarif yang sama untuk penumpang yang berasal dari luar kota. Hal itu dikarenakan adanya subsidi berupa Public Service Obligation (PSO) yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI.

Ahok mengatakan, sama dengan warga Jakarta, warga Bekasi dan sekitarnya cukup membayar Rp3.500 untuk menggunakan TransJakarta.

Artikel Terkait
1 daripada 520

Ahok mengatakan, bila terealisasi, hal ini akan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi tingkat kemacetan di Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI bisa membangun semacam fasilitas park and ride seperti di Cililitan, di dekat halte TransJakarta yang ada di luar kota.

Warga luar kota pasti akan memarkirkan kendaraannya di fasilitas itu, kemudian menyambung perjalanan dengan TransJakarta.

Pemerintah Kota Bekasi Jawa Barat mendukung rencana perpanjangan rute Transjakarta hingga ke wilayah timur Jakarta. Namun, saat ini kendalanya ada di jalur yang bakal dilintasi.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, Kamis (3/12/12015) kepada wartawan, jaringan jalan di Kota Bekasi cenderung lebih sempit dibanding dengan di Jakarta yang cukup luas. Karena itu, kata dia, infrastuktur tersebut harus diperhatikan. Mengingat, armada Transjakarta memiliki jalur sendiri, karena untuk menghindari kemacetan.

Untuk saat ini yang memungkinkan dilalui Transjakarta ialah perpanjangan dari Pulogadung, Jakarta Timur. Transjakarta bisa melanjutkan ke Harapan Indah-Jalan Sultan Agung-Sudirman-Ahmad Yani-Terminal Bekasi. Itu pun, kata dia, harus memakai jalur yang sudah ada.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?