Take a fresh look at your lifestyle.

Lampung Siap Suplai 40 Persen Kebutuhan Pangan Ibu Kota

0 1,145
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung siap suplai 40 persen kebutuhan pangan kepada DKI Jakarta.

Hal itu diungkapkan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo seusai bertemu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di Balai Kota, Senin (7/12/2015) sore.

Related Posts
1 daripada 2,149

“Kami sadar Pulau Jawa sudah sangat sempit. Kemudian Lampung memiliki kemampuan untuk memenuhi 40 persen suplai kebutuhan pangan di Jakarta,” kata Ridho.

Sebelumnya, antara Pemprov DKI dengan Pemprov Lampung telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) terkait dengan suplai kebutuhan pangan ini.

Namun, Ridho mengaku saat ini suplai pangan tersebut masih belum maksimal. Sebab, beberapa komoditas tidak langsung masuk ke DKI. Melainkan transit terlebih dahulu di daerah lainnya.

“Ada beberapa kasus, misalnya ada beras dari Lampung. Tapi tidak tercatat beras dari Lampung ke Jakarta, tapi (beras) transit ke Karawang dulu. Sampai ke Jakarta, tercatat beras dari Jawa Barat. Data itu yang jadi masalah,” kata Ridho.

Sementara itu Ahok berharap optimalisasi kerjasama sudah terlaksana dalam jangka waktu enam bulan ke depan.

Ahok telah menginstruksikan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah serta Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan; PD Pasar Jaya; PD Dharma Jaya; dan PT Tjipinang Food Station untuk membahas kerjasama lebih lanjut. Pokoknya semuanya harus sama-sama menguntungkan terutama petani.

Tinggalkan komen